%A Puja Aryaudy %A Ali Sya'ban %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Aplikasi Edmodo sebagai media Pembelajaran E-learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Kebon Jeruk 11 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020 Metode penelitian yang digunakan adalah E-learning dengan menggunakan posttest-only control design. Populasi penelitian ini kelas V-A dan V-B berjumlah 62 orang dengan teknik sampling jenuh atau disebut dengan istilah sensus. Instrumen penelitian adalah hasil belajar berbentuk pilihan ganda. Uji validitas menggunakan Korelasi Poin Bisarial dengan 35 soal valid dari 40 soal yang diujikan. Uji reliabilitas menggunakan rumus K-R20 diperoleh rhitung 0,87 > rtabel 0,349. Maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Analisis persyaratan yaitu uji normalitas kelas eksperimen menggunakan uji Liliefors diperoleh Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0.134 ≤ 0.159, dan hasil perhitungan uji normalitas pada kelas kontrol Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0.112 ≤ 0.159, maka kedua sampel berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung ≤ Ftabel yaitu, 1,00 < 1,84 maka dapat disimpulkan bahwa data dari dua kelompok berdistribusi homogen. Uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 6,34 dengan ttabel = 2.00 pada α = 0,05 maka dengan demikian H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh Aplikasi Edmodo sebagai media pembelajaran E-learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Kebon Jeruk 11 Pagi. %T Pengaruh Penggunaan Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Geografi Indonesia Mata Pelajaran Ips Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kebon Jeruk 11 Pagi %I Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka %D 2020 %L repository14116