eprintid: 14115 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/41/15 datestamp: 2022-04-25 01:13:12 lastmod: 2022-06-27 07:32:59 status_changed: 2022-04-25 01:13:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rachma, Rafida creators_name: Baadilla, Irwan creators_id: rafidarachma99@gmail.com creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Terbitan Erlangga ispublished: pub subjects: L1 divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian nilai-nilai Pendidikan karakter yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X terbitan Erlangga yang disesuaikan dengan nilai-nilai Pendidikan karakter menurut peraturan presiden no 87 tahun 2017 yang terdiri atas religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cintai damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis deskripsi kualitatif mengungkapkan bahwa, hasil analisis dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X terbitan Erlangga yang telah dipaparkan, maka yang dapat peneliti uraikan di dalam penelitian ini yaitu terdapat 138 nilai karakter yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X terbitan Erlangga. Dengan rincian sebagai berikut karakter religius sebanyak 11 poin, karakter jujur sebanyak 1 poin, karakter toleran sebanyak 7 poin, karakter disiplin sebanyak 3 poin, karakter bekerja keras sebanyak 11 poin, karakter kreatif sebanyak 7 poin, karakter mandiri sebanyak 3 poin, karakter demokratis sebanyak 7 poin, karakter rasa ingin tahu sebanyak 14 poin, karakter semangat kebangsaan 3 poin , karakter cinta tanah air 10 poin, karakter menghargai prestasi sebanyak 15 poin, karakter komunikatif sebanyak 13 poin, karakter cinta damai sebanyak 1 poin, karakter gemar membaca sebanyak 7 poin, karakter peduli lingkungan sebanyak 2 poin, karakter peduli sosial sebanyak 22 poin, dan karakter bertanggung jawab sebanyak 1 poin. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai Pendidikan karakter yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia terbitan Erlangga yang sering muncul adalah nilai karakter peduli sosial, menghargai prestasi, dan rasa ingin tahu. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdul Jalil. 2012. Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 6 No 2: 183 Andyani, Novita. Saddhono, Kundharu. Mujyanto, Yant. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Vol 4 No 2: 162. AR, Syamsuddin, Damaianti, Vismaia S. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset Daryanto, H. M. 2014. Adiministrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Dewi, Urhalinah Kama, Silva, Puja Srinapiana, Wikaningsih. 2018. Penerapan Metode Discovery Learning Pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Parole. Vol No 6: 1021. Helmi, Syahrizal. 2010. Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: USU Press. Herviana, Vina. Febriansyah, Angky. 2016. Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan pada Young Enterpreneur Academy Indonesia. Ojs.unikom.ac.id. Volume VIII No 2: 23 Ibrahim, Nini. Anwar, Muhammad. 2009. Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia. Jakarta: UHAMKAPRESS Ismayani, R Mekar. 2017. Kreativitas dalam Pembelajaran Literasi Teks Sastra. STKIP Siliwangi Bandung. Bandung. Isnaini, Lili. Supriyono. Maryova, Friska. Penggunaan Preposisi pada Teks Argumentasi Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA NEGERI 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Hal 5. Kosasih, Engkos. 2019. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga. Mufarrohah, Siti. Muatan Nilai Karakter dalam Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013. 2017. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Pasal 3 Rahayu, Murti Puji. 2012. Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Materi Ajar Buku Kreatif Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMP Kelas VII Terbitan Ganeca. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta Solihati, Nani. 2017. Aspek Pendidikan Karakter dalam Puisi HAMKA. LITERA. Vol 16 No. 1: 52. Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. ALFABET, CV. Su’udiah, Firdaus. 2016. Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan. Vol 1 No. 9: 1744. Yuniawan, Tomii. 2014. Model Penilaian Kinerja dalam Pembelajaran Membaca Berbasis Teks Narasi Bermuatan Pendidikan Karakter Cinta Budaya. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol IV No 1: 67. Yuningsih. 2014. Menguatkan Kembali Pendidikan Keagamaan dan Moral Anak Didik. journal.uinsgd.ac.id. volume VIII No 2: 202-203 citation: Rachma, Rafida dan Baadilla, Irwan (2020) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Terbitan Erlangga. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14115/1/FKIP_PBSI_1601045084_RAFIDA%20RACHMA.pdf