eprintid: 14114 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/41/14 datestamp: 2022-04-25 01:13:08 lastmod: 2022-06-27 07:04:23 status_changed: 2022-04-25 01:13:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Elgi, Muhammad Iqbal Syaukani creators_name: Qura, Ummul creators_id: iqbalsyauka@Gmail.com creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Hubungan Antara Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI SMK – IT Insan Mulia ispublished: pub subjects: L1 divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris dan untuk mengetahui adakah Hubungan Antara Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI SMK-IT Insan Mulia. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Januari 2020 tahun pelajaran 2019/2020. Untuk mendapatkan tahap pembahasan secara keseluruhan. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi product moment. Metode ini digunakan untuk membuktikan ada atau tidaknya hubungan antara masalah yang di teliti dalam hal kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMK-IT Insan Mulia. Data sampel yang di ambil sebanyak 15 orang dengan teknik simple random sampling. Instrument yang di gunakan adalah tes membaca kritis berada pada katagori baik rata-rata hitung/mean = 74,933, median = 75, modus = 75, varians = 7,78, simpangan baku = 2,789 dan tes kemampuan menulis resensi berada pada katagori baik rata-rata hitung/ mean = 71,333, median = 70, modus = 70, varians = 10,780, simpangan baku = 3,283. Metode stastitik penelitian untuk pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 15. Berdasarkan hasil analisis secara stastitik melalui perhitungan uji signifikasi korelasi product moment tersebut, di peroleh koefesien r hitung sebesar 0,089. Dengan demikian di dapatkan r hitung 0,089 < 0,553 pada tingkat 5% (0,533) dan pada tingkat 1%. Sehingga Ho yang mengatakan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis resensi diterima, dan menolak hipotesis kerja (h1), maka dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan antara kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMK-IT Insan Mulia. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Acmadi, dan Narbuko. (2007). Metodologi Penelitian. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara. Bambang Eko Hari Cahyono, Lulus Irawati, dan Devit Tri Candra wati. (2019), Implementasi model pembelajaran Rekreasi-Prokreasi dalam Membaca Kritis Teks Esplanasi di SMK. Indonesia language and literacture e-ISSN: 2502-2261 Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Djiwandono, Soernadi. (2011). Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. DS. Kholid A Hannas. (2011). Hakekat membaca. UPI Bandung modul pembelajaran Bahasa Indonesia. Fardengki. Emidar Emida. Ena Noveria. (2012). Korelasi Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Linggo sari Bagati, 1 (1), 639–645. K. Hadidarsono, Suhardi, & Hidayat. (2012). Prosiding Bahasa dan Sastra Indonesia “pengembangan kebahasaan dan kesusastraaan melalui penguatan nilai-nilai local untuk penguatan jati diri bangsa”. ISBN: 978-979-9204-76-9 Kusdiwelirawan. (2015). Perbandingan Metode PembelajaranTeam Assisted Individualization dengan Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Di SMA Muhammadiyah 18 Jakarta.Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 1, 1, 87-95. M. Gilar Jati Sunda. (2017). Hubungan Self Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (the original resach of mathematic) Vol.1 No. 2, Januari 2017 hal.24-30 Ni KD Tristiantanri & I Made Sumantri. (2016). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Pujiyono, Maria M Minarsih, Andri Tri Haryono. (2016). Pengarus Efficacy diri, kompetensi kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kesempatan Kerja dengan Placement Tes Sebagai Variabel Interverning. Jurnal of Menagement Vo.2 No.2 , Maret 2016 Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung. Surdayono. (2014). Education Research Methodology Panduang Lengkap: Teori, Aplikasi, Dan Contoh Kasus. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia. Tarigan, Henry G. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Tarigan, Henry G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung. T Sobar. (2012). Penerapan Teknik Siklus Belajar dalam Pembelajaran Menulis Laporan Ilmiah Berbasis Vokalsional. Semanti Vol-1, No1, febuari 2012. e-ISSN 2549-6506. citation: Elgi, Muhammad Iqbal Syaukani dan Qura, Ummul (2020) Hubungan Antara Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI SMK – IT Insan Mulia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14114/1/FKIP_PBSI_1601045082_MUHAMMAD%20IQBAL%20SYAUKANI%20ELGI.pdf