eprintid: 14113 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/41/13 datestamp: 2022-04-25 01:13:05 lastmod: 2022-06-17 03:33:54 status_changed: 2022-04-25 01:13:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pipin, Pipin creators_name: Ahmad, Mubarak creators_id: Phipinda5@gmail.Com title: Penanaman Nilai-Nilai Karakter Disiplin Pada Siswa SDN 2 Lepar Pongok ispublished: pub subjects: L1 subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Upaya guru dalam melaksanakan penanamkan nilai karakter disiplin pada siswa kelas III melalui pembelajaran di SDN 2 Lepar Pongok, (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai karakter disiplin pada siswa kelas III SDN 2 Lepar Pongok. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknia analisis yang digunakan penelitian ini adalah (1) Data reduction (reduksi data), (2) Data display (Penyajian Data), (3) Conclusion drawing/vervication (Pengambilan Kesimpulan dan Vertifikasi Data). Pemeriksaan keabsahan data dalam penetian ini adalah tringulasi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa upaya guru dalam melaksanakan penanaman nilai-nilai karakter disiplin ada empat cara yang bisa dilakukan , yaitu Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa upaya guru dalam melaksanakan penanaman nilai-nilai karakter disiplin ada empat cara yang bisa dilakukan , yaitu 1) Penanaman nilai-nilai karakter disiplin siswa melalui pembiasaan, 2) Penanaman nilai-nilai karakter disiplin siswa melalui pembelajaran, 3) Memberikan apresiasi kepada siswa yang disiplin, 3) Memberikan sanksi secara adil bagi siswa yang melanggar aturan/tata tertib. Adapun faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai karakter disiplin siswa, yaitu 1) Suasana belajar yang kondusif, 2) regulasi dari dinas pendidikan yang mengatur dalam peraturan kedisiplinan, 3) bekerja sama dengan komite-komite sekolah. Sedangkan faktor penghambat penanaman nilai-nilai karakter disiplin siswa, yaitu, 1) lingkugan belajar kurang kondusif, 2) kurangnya perhatian orang tua, 3) sarana dan prasarana kurang memadai. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afifah, A., & Mashuri, I. (2019). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa (Studi Multi Kasus Di Sdi Raudlatul Jannah Sidoarjo Dan Sdit Ghilmani Surabaya). Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 187. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i2.267 Anggito, A. dan S. j. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi : CV Jejak. Cahyaningrum, ES. Sudaryanti, dan Purwanto, N. (2017). Kata kunci : Karakter, Pendidikan Anak Usia Dini. 203–213. Chandra, P. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Tradisi Pondok Pesantren. Nuansa, 12(2), 64–80. https://doi.org/10.29300/nuansa.v12i2.2760 Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakartta : CV Budi Utama. Daryanto, D. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta : GAVA MEDIA. Efendi, G. (2020). MANAJEMEN KELAS DI SEKOLAH DASAR. Jawa Timur : CV. Penerbit Qiara Media. Fakhruddin, A. (2014). Urgensi Pendidikan Nilai Untuk Memecahkan Problematika Nilai Dalam Konteks Pendidikan Persekolahan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 12(1), 79–96. http://jurnal.upi.edu/file/07_-_Urgensi_Pendidikan_Nilai_-_Agus_F.pdf Febrianshari, D., Kusuma, V. C., Jayanti, N. D., Ekowati, D. W., Prasetya, M. Y., & Suwandayani, I. (2018). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER. 6(April), 88–95. Firdaus, dan Zamzam, F. (2018). Aplikasi Metodelogi Penelitian. Janosik, S. M. (2020). 済無No Title No Title. NASPA Journal, 42(4), 1. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Muharif. A, S. (2018). PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLI MELALUI. 1(1), 1–6. Mumpuni, A. (2018). Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran. Yogyakarta : CV Budi Utama. Nurartri, KS dan Puspita, L. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20–38. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750 Perdana, N. S. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358 Rahmat, N, Daliana, R, dan S. (2017). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan Volume 2, No. 2, Juli-Desember 2017. 2(2). Rianawati. (2014). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran. Saetban, A. A. (2020). Internalisasi Nilai Disiplin melalui “Perencanaan” Orang Tua dalam Membentuk Karakter Baik Remaja. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(1), 90–98. https://doi.org/10.37640/jip.v12i1.285 Soleha, S. A. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkan Sikap Disiplin Siswa. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1–17. https://www.ejournal.inzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/332 Sripambudi, G. I., Hilman, Y. A., & Triono, B. (2020). Strategi Dinas Pariwisata dalam Pengembangan Infrastruktur Objek Wisata Telaga Ngebel di Kabupaten Ponorogo. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1), 38–50. https://doi.org/10.37329/ganaya.v3i1.421 Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandunng : Alfabeta. Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta : Pt Adhitya Andrebina Agung. citation: Pipin, Pipin dan Ahmad, Mubarak (2020) Penanaman Nilai-Nilai Karakter Disiplin Pada Siswa SDN 2 Lepar Pongok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14113/1/FKIP_PGSD_1601025015_PIPIN.pdf