%0 Thesis %9 Bachelor %A Lina, Ade %A Amalia, Nur %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:14112 %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %T Pengaruh Model Pembelajaran VAK Terhadap Kemampuan Siswa SMPN 5 Tambun Selatan Dalam Menulis Naskah Drama %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14112/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar menulis naskah drama dengan menggunakan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) pada siswa kelas VIII SMPN 5 Tambun Selatan pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen Quasi Eksperimental Design dengan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan perhitungan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) sebanyak 30 instrumen kuesioner angket dengan 18 butir item yang valid dan 12 butir item tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan perhitungan IBM SPSS Statistic Versi 26 dan diperoleh rhitung = 0,620 > rtabel = 0,600. Maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya, data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors pada kelas eskperimen diperoleh Lo = 0,1155 dengan Lkritis 0,1401. Artinya, sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Sedangkan, pada kelas kontrol diperoleh Lo = 0,1196 dengan Lkritis= 0,1437 yang artinya sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett diperoleh X2 hitung pada kelas eksperimen lebih kecil dari X2 tabel yang artinya, populasi memiliki varians yang sama atau homogen yaitu 0,655 < 0,95 (H0 = diterima). Sedangkan, pada kelas kontrol X2 hitung lebih kecil juga dari X2 tabel yang artinya, populasi memiliki varians yang sama atau homogen yaitu 0,718 < 0,95 (H0 = diterima). Dengan demikian dapat disimpulkan, data dari kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki varians yang homogen karena nilai X2 hitung < X2 tabel. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 2,936 > ttabel = 2,042 maka H0 ditolak artinya adanya pengaruh yang signifikan pada siswa yang diterapkan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) terhadap hasil belajar menulis naskah drama pada kelas VIII SMPN 5 Tambun Selatan.