TY - THES TI - Pengaruh Metode Cooperative Script Terhadap Hasil Pembelajaran Menyimak Konsentratif Siswa Bimbingan Belajar Sungai PedadaDesa Simpang Tiga Jaya Kec. Tulung Selapan Kab.OKI Provinsi Sumatra Selatan ID - repository14109 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14109/ PB - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka A1 - Pirdayanti, Pirdayanti A1 - Yamin, Yamin AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran cooperative script terhadap hasil pembelajaran menyimak konsentratif siswa bimbingan belajar Sungai Pedada. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian the one group pretest posttes. Sampel yang digunakan sampling jenuh. Uji validitas dilakukan oleh siswa SMP Negeri 5 tulung Selapan. Teknik pengumpulan data dilakukandalam penelitian ini yaitu mengobservasi keterampilan menyimak siswa. Selanjutnya dari hasil tes menyimak siswa dianalisis dan diuji persyaratan uji normalitas dengan menggunakan uji lilieforsdidapatkan nilai Lhitung = 0,0925 dan Ltabel = 0,190 dengan taraf signifikansinya ? = 0,05 dan jumlah (n) sebanyak 20 siswa, sehingga dapat disimpulkan Lhitung = 0,0925 < Ltabel = 0,190 berarti kelas tersebut berdistribusi normal. Sedangkan Uji homogenitas menggunakan uji bartlet diperoleh data Xhitung = 8,35 dan nilai Xtabel = 15,50 dengan taraf signifikansinya ? = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Xhitung< Xtabel = ; maka kelas eksperimen adalah homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t thitung = 2,71 dengan banyaknya sampel 20 siswa dan taraf signifikansinya ? = 0,05 didapatkan nilai ttabel = 1,73 . Karena thitung = 2,71 > ttabel = 1,73. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Cooperative Script terhadap hasil pembelajaran menyimak konsentratif pada siswa bimbingan belajar sungai pedada. M1 - bachelor Y1 - 2020/// ER -