TY - THES N2 - Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis metode Montessori terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Ciracas 07 Pagi. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen.Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimental design dengan rancangan yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Populasi penelitian adalah siswa kelas 1 SDN Ciracas 07 Pagi dan sampel penelitin adalah 30 siswa. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes yang terdiri dari 20 soal Pre-Test dan 20 soal Post-Test yang telah diuji validas. Dan telah diuji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,81 > 0,374, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors diperoleh Pre-Test LO < Lt yaitu 0,081 < 0,161 , dan Post-Test LO < Lt yaitu 0,123 < 0,161, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data distribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,27 < 1,86, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 24,54 > 2,045. Dengan demikian Ho di tolak dan HI diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulakan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis metode Montessori memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Ciracas 07 Pagi Jakarta Timur. ID - repository14108 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14108/ A1 - Sulistiyowati, Niken Ajeng A1 - yamin, yamin Y1 - 2020/// M1 - bachelor TI - Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Ciracas 07 Pagi Jakarta Timur AV - public PB - Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka ER -