eprintid: 14106 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/41/06 datestamp: 2022-04-25 01:12:48 lastmod: 2022-06-17 03:29:52 status_changed: 2022-04-25 01:12:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amri, Muhammad Rifki creators_name: Amaliyah, Nurrohmatul creators_id: Muhammadrifkiamri.1A@gmail.com creators_id: nurramaliyah@uhamka.ac.id title: Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Media Soft Book Di Kelas 3 SDN Gandul 2 Kota Depok Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meingkatkan keterampilan membaca dengan menggunakan media buku cerita berukuran besar. Pada siswa kelas 3 SD Negeri gandul 2 Kota Depok Semester 2 tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dengan rincian 16 siswa laki – laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian menggunakan prosedur Peneliti Tindakan Kelas (PTK) dimana peneliti bertindak sebagai pengajar langsung di kelasnya dan guru kelas III lain sebagai pengamat. Prosedur kerja dilaksanakan bersiklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media buku cerita berukuran besar dengan pendekatan proses dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 3 SD. Hal itu dibuktikan dengan hasil tes membaca siswa pada pra siklus nilai yang mencapai KKM hanya 50% sedangkan nilai rata – ratanya 68,58. Pasca tindakan siklus I, nilai siswa yang mampu mencapai KKM meningkat menjadi 61,76% nilai rata – ratanya juga meningkat menjadi 71,05. Sedangkan setelah tindakan siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 85,29% rata – rata nilai membaca pada siklus II meningkat lagi menjadi 74,14. Dengan demikian terdapat pengaruh hasil belajar siswa dalam membaca setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan buku cerita berukuran besar, siswa lebih baik dalam membaca di kelas 3 SDN Gandul 2 Depok. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aan Prabowo, Heriyanto, S.Sos., M. I. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1–9. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jip%5CnANALISIS Ade, H., & Nani, S. (2013). Bahasa Indonesia. PT Grasindo. Agung, K. C. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Storytelling Menggunakan Media Big Books. E-Jurnal Universitas Trilogi. Ani Widayati1. (2008). Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93. Anshory, I., Yayuk, E., & Worowirastri, D. (2016). Tahapan Dan Karakteristik Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar ( Upaya Pemaknaan Development Task ). The Progressive and Fun Education Seminar, 383–389. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7670/45.pdf?sequence=1 Arief, S., Raharjo, R., Anung, H., & Harjito. (2014). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. PT RAJAGRAFINDO PERSADA. Beto, S. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI DUKUH 2 SLEMAN. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Farida, R. (2018). Pengajaran Bahasa di Sekolah Dasar. PT Bumi Aksara. Fatra, S., Barasandji, S., & Efendi, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Strategi Bimbingan Langsung Pada Siswa. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(5). https://www.neliti.com/id/publications/120492/peningkatan-kemampuan-siswa-membaca-permulaan-melalui-strategi-bimbingan-langsun Ferdiani Siregar, R. (2018). Penerapan Media Buku Cerita Bergambar (Big Book) dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B di RA Nurul Iman Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. ثثثثثث , ث ثثثث (2), ثقثقثقثق . https://doi.org/10.1051/matecconf/201712107005 Gusti, Y. P., Fairul, Z., & Fauzi, R. (2016). Bahasa Indonesia Konsep Dasar dan Penerapn. PT Grasindo. Hikmah, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Mistar Bilangan Pada Siswa Kelas Iv Sdn 005 Samarinda Ulu. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 80–85. Juni, P. D. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. CV PUSTAKA SETIA. Lynch, P. (2008). Using Big Books and Predictable Books. 30. Nambiar, M. (1993). Early Reading Instruction - Big Books in the ESL Classroom* *. XXII(October), 1–9. Nisa, A. F., & Rezkita, S. (2020). Mind Map Implementtaion In Intergrated Natural Science Education To Improve PGSD Students Creativity. Jurnal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 6(1). Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf Ruddamayanti, R. (2019). Pemanfaatan Buku Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 JANUARI 2019, 2, 364–370. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2750 Safira, N. (2018). Pengaruh Media Big Books Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5 -6 Tahun. 3, 1–13. https://doi.org/10.1093/imamci/dnt037 Septiyani, S., & Kurniah, N. (2017). Pengaruh Media Gig Book Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini. Jurnal Potensia, 2, 47–56. Subana, M., & Sunarti. (2000). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. CV PUSTAKA SETIA. Sudarno, & Eman, R. (1998). Terampil Berbahasa Indonesia. PT HIKMAT SYAHID INDAH. Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. KENCANA. Sugiarti, U. (2017). Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca sebagai implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Sugihastuti, & Siti, S. (2016). Buku Ajar Bahasa Indonesia Akademik. PUSTAKA PELAJAR. Syntya, A. D. (2015). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media. September. Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. ANGKASA. Tria, P. A. (2018). Pengembangan Media Big Books Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Keterampilan Membaca Pemahaman di Kelas III. UNSIQ, T. R. F. (2012). Teknik Pengumpulan Data PTK. Jurnal Kependidikan Al-Qalam, IX, 39–45. Widodo. (2016). Pengantar E-Book. Pengantar E-Book, april, 4. https://doi.org/- Wijaya, K., & Dedi, D. (2012). Mengenal Penelitian Tindak Kelas. Permata Puri Media. citation: Amri, Muhammad Rifki dan Amaliyah, Nurrohmatul (2020) Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Media Soft Book Di Kelas 3 SDN Gandul 2 Kota Depok Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14106/1/FKIP_PGSD_1601025011_MUHAMMAD%20RIFKI%20AMRI.pdf