eprintid: 14105 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/41/05 datestamp: 2022-04-25 01:12:46 lastmod: 2022-06-24 04:44:22 status_changed: 2022-04-25 01:12:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rizki, Sri Dewi creators_name: Ibrahim, Nini creators_id: sridewirizki00@gmail.com creators_id: nini_ibrahim@uhamka.ac.id title: Pengaruh Media Pembelajaran Koran Kompas Terhadap Keterampilan Menulis Teks Argumentasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Cijati ispublished: pub subjects: L1 divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh media pembelajaran koran kompas terhadap keterampilan menulis argumentasi, (2) untuk mengetahui perbedaan nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik tes, yaitu berupa tes menulis teks argumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pada kelas kontrol nilai-rata rata pretest sebesar 62,64 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 73,28 artinya nilai rata-rata kelas kontrol masih lebih rendah dibanding kelas eksperimen. (2) pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 66,60 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 82,84 artinya nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 82,84 > 73,28. (3) hasil uji paired sample t-test dan uji indefendent sample t-test yaitu sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya penggunaan tajuk rencana koran kompas berpengaruh terhadap keterampilan menulis argumentasi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: PT. Raja Grafindo Persada. Keraf. (2004). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Kusdiwelirawan. (2017). Statistika Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Margono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. Munirah. (2015). Pengembangan Menulis Paragraf. Sleman: Deepublish. Prasetyo. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif:Teori dan Aplikasi. Depok : PT. Raja Grafindo Persada. Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi. Bandung : Alfabeta. Supriatna, & Kasupardi . (2010). Pengembangan Keterampilan Menulis. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan. Aljatila. (2015). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Melalui Model Kooperatif Type Round Table Pada siswa Kelas X-1 SMAN 1 Kulisusu Barat. Jurnal Humanika Vol. 3 No.15. 2. https://ojs.uho.ac.id/indec.php/HUMANIKA/article/view/592 diunduh pada tanggal 21 April 2020 Arif. (2017).The Profile of Knowledge, Skill And Atitude Of Mathematics Teacher In Implementing 2013 Curriculum Based On The Teacher WorkingPeriod In Public Junior High School In Bulukumba Distric. Jurnal Daya Matematis Vol.5 No.1. 75. https://ojs.unm.ac.id/JDM/article/view/3031/0 diunduh pada tanggal 21 April 2020 Ayu Eka Putri, dkk. (2018).Pengaruh Model Active Learning Tipe Practice Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Siswa X TKJ Dalam Mata Pelajaran Simulasi Digital Di SMK Negeri 3 Pariaman. Jurnal Vokasional teknik Elektronika dan Informatika Vol.6 No.1. 29. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/10413 0 diunduh pada tanggal 21 April 2020 Cahyaningrum, dkk. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi Melalui Model Think Pair Share Model Dan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Kebakkramat. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Vol.3 No.1, 44-54. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/605/433 diunduh pada tanggal 13 desember 2019 Delfianto. (2017). Korelasi Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas VIII 1 SMP Negeri 7 Bukit Tinggi. Jurnal Pendidikan Rokania Vol. II No. 2, 144. https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jprarticle/vie/29/2 diunduh pada tanggal 13 desember 2019 Fatikh. (2019). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Studi IslamVol.14 No.2, hlm.88-89, 91-93 http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkda/index.php/pwahana/article/view/3608/2659 diunduh pada tanggal 13 juli 2020 Hartiningrum dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Telekomunikasi Peterongan Jombang”. Jurnal Susuka Journal of Mathematics Education. Vol.3, No.1 hlm3 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/3220 unduh pada tanggal 14 mei 2020 Hojianto. (2015). Penggunaan Gramatika Dalam Tajuk Rencana Pada Koran Radar Sulawesi Tengah. e-Jurnal Bahasantodea Vol. 3 No.4, 103. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bahasantodea/article/download/6335/5037 iunduh pada tanggal 14 desember 2019 Huda. (2017). Kemampuan Menulis Karangan Argumentatif Mahasiswa Universitas Islam Majapahit. Jurnal NOSI vol.5 No.4 , 2. http://www.pbindoppsunisma.com/wp-content/uploads/2017/10/M.-Ariful-Huda.pdf diunduh pada tanggal 15 desember 2019 Irsan Rasyid. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal AXIOM Vol.VII No.1, hlm.92,94 http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/download/1778/1411diunduh pada tanggal 15 juli2020 Melati, dkk. (2016). Pengaruh Pendidikan, Keterampilan, Basic Skill Terhadap Karir Untuk Keinginan Berpindah Kerja. Journal Of Management Vol.2 No.2, 4. https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/download/556/541 diunduh pada tanggal 13 desember 2019 Oktaviani, dkk. (2014).Perbandingan Tingkat Konsistensi Normalitas Distribusi Metode Kolmogorov-Smirnov,Liliefors,Shapiro-Wilk, dan Skewness-Kurtosis. Jiometrika dan Kependudukan Vol.3 No.2, hlm.128 https://journal.unair.ac.id/JBK@perbandingan-tingkat-konsistensi-normalitas-distribusi-metod-kolmogorov-smirnov-liliefors-shapiro-wilk-dan-skewness-kurtosis-article-10221-media-40-category-3.html diunduh pada tanggal 13 mei 2020 Samniah. (2016).Kemampuan Memahami Isi Bacaan Siswa Kelas VII MTs Swasta Labibia. Jurnal Humanika No.16 Vol.1 hlm.2 https://ojs.ac.id/index.php/HUMANIKA/article/view/690 diunduh pada tanggal 13 desember 2019 Sakti. (2011). Korelasi Pengetahuan Alat Praktikum Fisika Dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa Di SMA Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Exacta Vol.IX No.1, 69. https://core.ac.uk/reader/35320142 diunduh pada tanggal 13 desember 2019 Sardila. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi : Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam Vol.40 No.2, 113,114 & 115. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/download/1500/1293 diunduh pada tanggal 19 desember 2019 Subekti. (2015). Kekohesifan Wacana Tajuk Rencana Surat Kabar Harian Pagi Jambi Independent. Jurnal Pena Vol.6 No.1, 118. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/pena/article/view/43743100 diunduh pada tanggal 22 desember 2019 Suharyanto. (2016). Surat Kabar Sebagai Salah Satu Media Penyampaian Informasi Politik Pada Partisipasi Politik Masyarakat. Jurnal Administrasi Publik vol.6 No.2, 124. https://ojs.uma.ac.id/index.php/adminpublik/article/download/1051/1074 diunduh pada tanggal 14 desember 2019 Sulistyani, dkk. (2013).Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book Dan Tanpa Pocket Book Pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika vol.1 No.1, 166. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/1784 diunduh pada tanggal 18 agustus 2019 Susanti. (2013). Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Padang. Skripsi, 3. http://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php?journal=JFKIP&page=article&op=viewFile&path=2214&path=1959 diunduh pada tanggal 20 desember 2019 Talizano. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol.2 No 2 hlm.106 http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113/0 diunduh pada tanggal 14 juli 2020 WA Fatima. (2016). Kemampuan Menentukan Fakta Dan Opini Dalam Teks Tajuk Rencana Koran Kompas Siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Kendari. Jurnal Bastra, Vol. 1. https://ojs.uho.ac.id/indec.php/BASTRA/article/download/1509/1064 diunduh pada tanggal 22 April 2020 Widalismania, dkk. (2017). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Media Cetak Dengan Media Elektronik Pada Masa Kuliah Matematika Ekonomi di Universitas PGRI Palembang.Jurnal Pinus, Vol. 3. No.1. 43 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/972 diunduh pada tanggal 18 Agustus 2020 Wulandari. (2014). Tajuk Rencana Harian Kompas Dan Media Indonesia Mengupas Nasib TKI : Analisis Perbandingan Struktur Teks. Jurnal Bahastra Vol. XXXII No.1, 83. http://journal.uad.ac.id/index.php/BAHASTRA/article/view/3244 diunduh pada tanggal 22 desember 2019 Yanti, dkk. (2018). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus Vol.II No.I, 75 & 76. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/download/5559/2732 diunduh pada tanggal 27 desember 2019 Yuliani. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentasi Menggunakan Media Tajuk Rencana Siswa Kelas VII SMP Negeri Sapuran Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, 33. http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1997 diunduh pada tanggal 14 desember 2019 citation: Rizki, Sri Dewi dan Ibrahim, Nini (2020) Pengaruh Media Pembelajaran Koran Kompas Terhadap Keterampilan Menulis Teks Argumentasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Cijati. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14105/1/FKIP_PBSI_1601045070_SRI%20DEWI%20RIZKI.pdf