TY - THES Y1 - 2020/// ID - repository14105 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14105/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh media pembelajaran koran kompas terhadap keterampilan menulis argumentasi, (2) untuk mengetahui perbedaan nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik tes, yaitu berupa tes menulis teks argumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pada kelas kontrol nilai-rata rata pretest sebesar 62,64 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 73,28 artinya nilai rata-rata kelas kontrol masih lebih rendah dibanding kelas eksperimen. (2) pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 66,60 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 82,84 artinya nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 82,84 > 73,28. (3) hasil uji paired sample t-test dan uji indefendent sample t-test yaitu sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya penggunaan tajuk rencana koran kompas berpengaruh terhadap keterampilan menulis argumentasi. PB - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka M1 - bachelor AV - public TI - Pengaruh Media Pembelajaran Koran Kompas Terhadap Keterampilan Menulis Teks Argumentasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Cijati A1 - Rizki, Sri Dewi A1 - Ibrahim, Nini ER -