eprintid: 14104 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/41/04 datestamp: 2022-04-25 01:12:43 lastmod: 2022-06-17 03:27:38 status_changed: 2022-04-25 01:12:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wijayanti, Marita Ista creators_name: Purwanto, Sigid Edy creators_id: maritaistawijayanti@gmail.com creators_id: sigid@uhamka.ac.id title: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Simetri Putar Kelas III SDS Muhammadiyah 4 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya letak kesalahan dan jenis-jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal simetri putar pada siswa kelas III SDS Muhammadiyah 4 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDS Muhammadiyah 4 Jakarta, yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian yang terdiri dari 5 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal adalah : (1) salah dalam menerjemahkan soal, kesalahan dalam menyimpulkan dan kesalahan dalam menyalin data. (2) Jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika simetri putar adalah : kesalahan menggunakan data, kesalahan prinsip dan kesalahan penarikan kesimpulan, serta kurangnya media pembelajaran dalam pelajaran matematika khususnya pada soal simetri putar. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aditya Cahyani, C., & Sutriyono, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 26. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.257 Dimyati,Mudjiono.2016. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Tahapan Newman beserta Bentuk Scaffolding yang diberikan. Kadikma, 8(1), 40–51. Fitrah, Muh. 2016. Model Pembelajaran Matematika Sekolah: Kajian Perspektif Berdasarkan Teori dan hasil Riset. Yogyakarta: Deepublish. Heruman.2017.Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung:Remaja Rosdakarya. Hidayati, R. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat siswa SMK Kesehatan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 93–100. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.524 Isrok’atun, dan Rosmala, Amelia. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Layn, R., & Kahar, S. (2017). Jurnal Math Educator Nusantara ( JMEN ) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 03(02), 59–145. Manibuy, R., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solopada Kelas X SMA Negeri 1 Plus Di Kabupaten Nabire – Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 933–945. Nurjanatin, I., Sugondo, G., & Manurung, M. M. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Balok Di Kelas VIII - F Semester II SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajaranya, 2(1), 22–31. Parwat, Nyoman; Ni, suryawan Pasek Putu I, dan Apsari, Ayu, Ratih. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada. Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379 Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Singestecia, R., Handoyo, E., & Isdaryanto, N. (2018). Partisipasi Politik Masyarakat Tionghoa dalam Pemilihan Kepala Daerah di Slawi Kabupaten Tegal. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 2(1), 63–72. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upsj%0APartisipasi Sofianingsih, A., & Kusmanto, B. (2016). Matematika Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Kretek. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 140–146. Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Weeks, D. P. C. C. L. E. Y. N. to K. in 20. (2015). 済無No Title No Title. Dk, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 citation: Wijayanti, Marita Ista dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Simetri Putar Kelas III SDS Muhammadiyah 4 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14104/1/FKIP_PGSD_1601025010_MARITA%20ISTA%20WIJAYANTI.pdf