eprintid: 14103 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/41/03 datestamp: 2022-04-25 01:12:40 lastmod: 2022-06-24 04:26:17 status_changed: 2022-04-25 01:12:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Karomah, Nisa Atul creators_name: Solihati, Nani creators_id: nisaatulkaromah@gmail.com creators_id: nani_solihati@uhamka.ac.id title: Pengaruh Metode Cooperative Take Picture And Picture Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMA TAMAN HARAPAN 1 BEKASI ispublished: pub subjects: L1 divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar teks eksplanasi dengan menggunakan metode cooperative take picture and picture pada siswa kelas XI SMA TAMAN HARAPAN 1 BEKASI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Postetst Design. Sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Objek Penelitian ini adalah siswa SMA TAMAN HARAPAN 1 BEKASI. Fokus penelitian ini yaitu difokuskan pada teks eksplanasi menggunakan metode cooperative take picture and picture. Pengumpulan data dilakukan dengan teknis analisis data mengajarkan tentang teks eksplanasi, melakukan pretes dan postes menggunakan metode dan tanpa menggunakan metode, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode cooperative take picture terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA TAMAN HARAPAN 1 BEKASI yaitu penyebab terjadinya masalah meliputi banyaknya siswa tidak paham tentang materi teks eksplanasi dikarenanakan cara mengajar guru membosankan. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Andrianto. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Model CIRC. Kota : Penerbit. Arifin dan Tasai 2018, Zainal Arifin Dan Amran Tasai, 2016. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademi Pressindo. Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta:Angkasa. Mahsun 2014, Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 diorientasikan pada pembelajaran berbasis teks. Kaloko W.N. (2018). Buku Panduan Guru Pembelajaran Teks Eksplanasi. Yogyakarta: K-Media. Nurgiantoro. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa:Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BFFE . Hamdayama Jumanta. (2016). Metodologi Pemgajaran. Jakarta : Bumi Aksara. Tampubolon. (2014). Model Pembelajara Kooperatif Take Picture and Picture. Jurnal Tarbiyah. Vol (23). Hal 106. Naim Janatun. (2014). Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi. fkip.unila.ac.id. Vol (2), Hal 1. Rosdiana. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra. Vol (5), Hal 2. Tati Fauziah & Yoserizal Bermawi. (2014). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI PENINGGALAN SEJARAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANDA ACEH, JURNAL PESONA DASAR. Vol (2), Hal 79-87. Khaerunnisa, (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS PADA SISWA KELAS XI SMK INFORMATIKA CIPUTAT, umj.ac.id. Vol (1), Hal 1. Siti Aisyah, (2017), PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK, Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan. Vol (6), Hal 2. Mman, Mahayana S.( 2008). Bahasa Indonesia kreatif. Jakarta: Penaku. Lamudin, Finoza.( 2005). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Media. citation: Karomah, Nisa Atul dan Solihati, Nani (2020) Pengaruh Metode Cooperative Take Picture And Picture Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMA TAMAN HARAPAN 1 BEKASI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14103/1/FKIP_PBSI_1601045069_NISA%20ATUL%20KAROMAH.pdf