eprintid: 14102 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/41/02 datestamp: 2022-04-25 01:12:39 lastmod: 2022-06-17 03:25:08 status_changed: 2022-04-25 01:12:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amallia, Lisa creators_name: Kusnadi, Engkus creators_id: engkus255@gmail.com title: Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SDN Jatiwaringin VII ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi pada mata pelajaran IPA, siswa kelas IV SDN Jatiwaringin VII pada tahun ajaran 2020/2021 semester 2. Populasi penelitian ini berjumlah 59 orang siswa. Teknik sampling diambil menggunakan sampling jenuh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, dengan bentuk post-test only group design. Instrument penelitian ini berupa tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Sebelum dianalisis, sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilifors, dan uji Homogen menggunakan uji Fisher. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung = 0,092 dan Ltabel = 0.161pada α = 0,05 dk = 30. Pada kelas kontrol diperoleh nilai Lhitung = 0,142 dan Ltabel = 0,164 pada α = 0,05 dk = 29. Kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil tes uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, diperoleh nilai Fhitung = 1,44 dan Ftabel = 1,85 pada α = 0,05. Dikarenakan Fhitung = 1,44 < Ftabel = 185 maka dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Dari hasil perhitungan uji hipotesis didapatkan thitung = 2,50 dan ttabel = 2,00 pada α = 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 dapat diterima. Jadi hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar IPA. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Al-tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Hamdayama, Jumanta. Metodologi Pengajaran. 2019. Jakarta: Bumi Aksara. Haryono. Pembelajaran IPA Abad 21. 2019. Yogyakarta: Kepel Press . I. G. K. S., Dra. Ni Wayan Arini, M. P. ., & I Gde Wawan Sudatha, S.Pd., S.T., M. P. . (2014). Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Semester Ganjil Di Sd Negeri 2 Sudaji, Kecamata n Sawan, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2013/ 2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/JJPGSD.V2I1.2263 Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena. M. Thobroni. Belajar & Pembelajaran. 2015. Yogyakarta: Ar-ruz Media. Priansa, Doni. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. 2017. Bandung: Pustaka Setia. Rahman, Muhammat dan Sofan Amri. Model Pembelajaran Arias. 2014. Jakarta: Prestasi Pustakarya. Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Siregar, Eveline dan Hartini Nara. Teori Belajar dan Pembelajaran. 2015. Bogor: Ghalia Indonesia. Sobon, K., & Lumowa, S. J. (2018). Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sd Negeri Kawangkoan Kecamatan Kalawat. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 196. https://doi.org/10.29407/jpdn.v3i2.11788. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. 2015. Jakarta: Bumi Aksara. citation: Amallia, Lisa dan Kusnadi, Engkus (2020) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SDN Jatiwaringin VII. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14102/1/FKIP_PGSD_1601025009_LISA%20AMALIA.pdf