eprintid: 14091 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/40/91 datestamp: 2022-04-25 01:12:19 lastmod: 2022-06-24 04:28:53 status_changed: 2022-04-25 01:12:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Praharsini, Vania Betri creators_name: Safii, Imam creators_id: vaniabetri69@gmail.com creators_id: imamsafii2077@uhamka.ac.id title: Aspek Berpikir Kritis dalam Instrumen Evaluasi pada Buku Sekolah Elektronik Kelas 7 bagi Siswa SMP Tahun 2019/2020 ispublished: pub subjects: L1 divisions: 88201 abstract: Tujaun penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis-jenis berpikir kritis instrumen evaluasi menulis dalam buku sekolah elektronik(BSE) dan mendeskripsikan jenis-jenis berpikir kritis instrumen evaluasi membaca dalam buku sekolah elektronik (BSE). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui simak catat berdasarkan buku sekolah elektronik. Hasil penelitian ini adalah jumlah instrumen evaluasi menulis pada jenis berpikir kritis tingkat tinggi dengan presentase 66,67% sedangkan jenis berpikir kritis tingkat rendah dengan presentase 33,33%. Jumlah instrumen evaluasi membaca pada jenis berpikir kritis tingkat tinggi dengan presentase 70% sedangkan jenis berpikir kritis tingkat rendah dengan presentase 30%. Hasil tersebut menyatakan bahwa pemerintah serius menjadikan Critical thinking sebagai salah satu tujuan pendidikan abad ke-21. Buku sekolah elektronik(BSE) yang disusun oleh pemerintah pusat memenuhi standar yang telah disiapkan oleh pemerintah pusat melalui pusat perbukuan dan kurikulum. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amirono, D. (2016). Evaluasi & Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: GAVA MEDIA. Anidi. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Publishing. Asih. (2016). Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: CV PUSTAKA SETIA. Awalludin. (2017). Pengembangan Buku Teks Sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA. Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Depok: PT RAJAGAFINDO PERSADA. Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: PT RAJAGAFINDO PERSADA. Gumiandari, S. (2019). Succes Guide: Sukses Belajar di Perguruan Tinggi. Cirebon: IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. Mumpuni, A. (2018). Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA. Ngalimun. (2018). Evaluasi & Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: DUA SATRIA OFFSET. Ratnawulan, E. (2018). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PUSTAKA SETIA. Rosidin, U. (2017). Evaluasi dan Assesmen Pembelajaran. Yogyakarta: media akademi. Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). Duta.Com, 9(September), 43–54. https://doi.org/2086-9436 Aksa, F. I., Afrian, R., & Jofrishal, J. (2018). Analisis Konten Buku Teks Geografi SMA Menggunakan Model Beck & McKeown. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(1), 1–8. https://doi.org/10.17977/um017v23i12018p001 Ardiyanta, A. S., Sudjimat, D. A., & Partono. (2012). Pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik Sebagai Bahan Ajar Guru Program Produktif Sekolah Menengah Kejuruan. Teknologi Dan Kejuruan, 35(2), 163–172. Asmawati, E. Y. (2015). Lembar Kerja Siswa (Lks) Menggunakan Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1). https://doi.org/10.24127/jpf.v3i1.13 Aulina, C. N. (2012). Pengaruh Permainan Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 131. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.36 Bahri, M. F., & Supahar, S. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Tes Terintegrasi Agama dan Sains dalam Pembelajaran PAI di SMA. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 233–251. Fathiara, A., Badarudin, B., & Muslim, A. H. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Gemar Membaca Peserta Didik Melalui Model Predict Observe Explain Berbasis Literasi. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 92. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1863 Gunur, B., Ramda, A. H., & Makur, A. P. (2019). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan Masalah Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Sikap Matematis Siswa. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(1), 1. https://doi.org/10.19166/johme.v3i1.1912 Irsyada, R. (2016). Analisis Isi dan Kelayakan Penyajian Buku Sekolah Elektronik (BSE) Mata Pelajaran Penjasorkes Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Physical Education Health and Sport, 3(2), 121–126. Natalina M., D. (2018). Menumbuhkan Perilaku Berpikir Kritis Sejak Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10508 Nofiana, M., Sajidan, S., & Puguh, P. (2014). Pengembangan instrumen evaluasi two-tier multiple choice question untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi kingdom plantae. Jurnal Inkuiri, 3(2), 60–74. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v3i2.9694 Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I2.10490 Purwati, Ratna Hobri Fatahillah, A. (2007). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat pada Pembelejaran Model Creative Problem Solving. Journal of Food System Research, 14(2), 70–75. https://doi.org/10.5874/jfsr.14.2_70 Putri, D., & Elvina, E. (2019). Penerapan metode game’s untuk meningkatkan keterampilan menulis dan karakter siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Bahastra, 39(2), 9. https://doi.org/10.26555/bahastra.v39i2.13801 Roviati, E., & Widodo, A. (2019). Kontribusi Argumentasi Ilmiah dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 56–66. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.454 Su’udiah, F., Degeng, I., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1744–1748. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6743 Susanti, N. Y., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 67. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4509 Wijayanto, W., Menarianti, I., & Wibisono, A. (2017). Pengembangan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Dilengkapi Media Evaluasi Mandiri Siswa Berbasis Protable Document Format. Jurnal Informatika Upgris, 2(2), 83–89. https://doi.org/10.26877/jiu.v2i2.1110 Winaryati, E. (2014). Evaluasi Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: GRAHA ILMU. citation: Praharsini, Vania Betri dan Safii, Imam (2020) Aspek Berpikir Kritis dalam Instrumen Evaluasi pada Buku Sekolah Elektronik Kelas 7 bagi Siswa SMP Tahun 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14091/1/FKIP_PBSI_1601045062_VANIA%20BETRI%20PRAHARSINI.pdf