%0 Thesis %9 Bachelor %A Praharsini, Vania Betri %A Safii, Imam %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:14091 %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %T Aspek Berpikir Kritis dalam Instrumen Evaluasi pada Buku Sekolah Elektronik Kelas 7 bagi Siswa SMP Tahun 2019/2020 %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14091/ %X Tujaun penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis-jenis berpikir kritis instrumen evaluasi menulis dalam buku sekolah elektronik(BSE) dan mendeskripsikan jenis-jenis berpikir kritis instrumen evaluasi membaca dalam buku sekolah elektronik (BSE). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui simak catat berdasarkan buku sekolah elektronik. Hasil penelitian ini adalah jumlah instrumen evaluasi menulis pada jenis berpikir kritis tingkat tinggi dengan presentase 66,67% sedangkan jenis berpikir kritis tingkat rendah dengan presentase 33,33%. Jumlah instrumen evaluasi membaca pada jenis berpikir kritis tingkat tinggi dengan presentase 70% sedangkan jenis berpikir kritis tingkat rendah dengan presentase 30%. Hasil tersebut menyatakan bahwa pemerintah serius menjadikan Critical thinking sebagai salah satu tujuan pendidikan abad ke-21. Buku sekolah elektronik(BSE) yang disusun oleh pemerintah pusat memenuhi standar yang telah disiapkan oleh pemerintah pusat melalui pusat perbukuan dan kurikulum.