eprintid: 14087 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/40/87 datestamp: 2022-04-25 01:12:09 lastmod: 2022-06-24 04:27:53 status_changed: 2022-04-25 01:12:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putri, Yhasmine Belia creators_name: Nawawi, Nawawi creators_id: yasmin.b.putri@gmail.com creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Media Cetak Koran Kompas (Hard News) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Sswa Kelas XI SMAS USWATUN HASANAH ispublished: pub subjects: PN divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Cetak Koran Kompas (Hard News) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMAS USWATUN HASANAH pada semester dua tahun 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMAS USWATUN HASANAH. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI yang terdiri atas kelas eksperimen 26 siswa dan kelas kontrol sebanyak 28 siswa. kelas eksperimen dalam perlakuanya dengan menggunakan materi serta media cetak koran kompas (hard news) sedangkan kelas kontrol hanya menggunakan materi dalam proses pembelajaran. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Post Test Control Group design. Instrument penelitian berupa tes hasil belajar. Untuk menguji hipotesis yang menggunakan uji paired sample t-test. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) pada kelas eksperimen nilai rata-rata pre test sebesar 75 sedangkan nilai rata-rata post test sebesar 90 lebih tinggi dari pada kelas kontrol. (2) pada kelas kontrol nilai rata-rata pre test 60 sedangkan nilai rata-rata post test sebesar 85 masih lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen. (3) rata-rata nilai post test kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu 90 > 85 yang berarti hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, pada uji paired t-test eksperimen, hasil yang didapat yaitu sig.2 tailed sebesar 0,938 > 0,897 penggunaan media cetak koran kompas (hard news) lebih efisien. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ade, Putranto, Prasetyo, Tunggali, W. (2020). Manajemen Media Massa. Pustaka Baru Press. Ain, Z., & Pramesti, U. D. (2019). Korelasi Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Padang. Jurnal Pendidikan Bahas Dan Sastra Indonesia, 8(1), 252–263. Apriyani, nida, neng. (2019). PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILMSTRIPS PADA SISWA KELAS XI MAN 6 TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. 2(141), 60–74. Asep, Saeful, M. (2018). Pengantar Ilmu Jurnalistik. Simbiosa Rekatama Media. Dalman. (2018). Keterampilan Menulis (6th ed.). Rajawali Pers. Gunawan, P. (2017).PENERAPAN STRATEGI AKTIVITAS MENULIS TERBIMBING (SAMT) UNTUK MENINGAKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PENGUMUMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 RAMBAH ROKAN HULU. 1(9), 2580–8435. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Hikmat, M. (2018). Jurnalistik: Literary Jounalism (1st ed.). Prenadamedia Group. Mantiq, Sari, E. (2016). Program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah purworejo 2016. Martha, Novitsari, L. (2016). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas VII SMP NEGERI 2 TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. 84. Nanda, Wulandari, Putri, Nurrohma, Titis, Erika, Nur, H. (2018). Panduan Guru Pembelajaran Teks Eksplanasi. K-Media. Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa: Berbasis Kompetensi. BPFE Yogyakarta. Rukaesih, Maolani, Ucu, C. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rajawali Pers. Rusman, Latief dan Yusiatie, U. (2017). Kreatif Siaran Televise. PT Fajar Interpratama Mandiri. Salin dan Haidir. (2014). Strategi Pembelajaran. Kencana Prenadamedia Group. Solihati, Nani, Hikmat, Ade, dan Hidayatullah, S. (2016). Teori Satra: Pengantar Kesusatraan Indonesia (1st ed.). Uhamka Press. Sugiono. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan (26th ed.). Alfabeta. Suriansyah Ahmad, Aslamiah, Sulaiman, dan N. (2014). Strategi Pembelajaran (1st ed.). PT RAJAGRAFINDO PERSADA. Tarigan, G. H. (2011). Pengajaran Kosakata. Angkasa. Yogyantoro, A. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Diorama Siswa Kelas Iv Essays Description Writing Skills Improvement Using Media Diorama At Class Iv. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1–10. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/5378/5085 Zaenal, Arifin dan Tasai, A. (2016). Cermat Berbahasa Indonesia. Pustaka Mandiri. citation: Putri, Yhasmine Belia dan Nawawi, Nawawi (2020) Pengaruh Media Cetak Koran Kompas (Hard News) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Sswa Kelas XI SMAS USWATUN HASANAH. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14087/1/FKIP_PBSI_1601045043_YHASMINE%20BELIA%20PUTRI.pdf