eprintid: 14086 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/40/86 datestamp: 2022-04-25 01:12:07 lastmod: 2022-06-17 03:12:06 status_changed: 2022-04-25 01:12:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Julkhoriah, Dina creators_name: Sari, Prima Mutia creators_name: Kurniasih, Meyta Dwi creators_id: dinajulkhoriah@gmail.com creators_id: meyta.dkurniasih@uhamka.ac.id title: Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Hasil belajar IPA Siswa Kelas V SDN Cipinang Cempedak 07 Jakarta ispublished: pub subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan metode pembelajaran Crossword Puzzle pada siswa kelas V SDN Cipinang Cempedak 07 Jakarta pada semester 1 tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Posttest Only Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung=1,034 > rtabel=0,355, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji Liliefors Galat Taksiran diperoleh Lo 0,087 < Lt 0,165, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,156 < Ftabel 4,013, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 4,421 dengan ttabel 2,668 pada α = 0,05 maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh pada pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Crossword Puzzle pada hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Cipinang Cempedak 07 Jakarta. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Perdana Media Group. Aqib, Zainal. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya. Arikunto, Suharsimi. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta. Asih W. W. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara. Asnawir dan Usman, B. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers. Cahyo, A. N. (2011). Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak. Jogjakarta: Flashbooks. Degeng, Nyoman. (2006). Bagaimana Cara Menjadi Quantum Teacher: Wibawa VS Lembut. Makalah disajikan dalam Seminar di Universitas PGRI Adibuana, Surabaya, 9 Februari 2006. Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta. Dunne, R. dan Wragg, T. (2012). Pembelajaran Efektif. Diterjemahkan Jasin Anwar. Grasindo: Jakarta. Hisyam Zaini. (2002). Srategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri. Hisyam Zaini. (2008). Srategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri. Jayadinata, A. K. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Peristiwa Benda Padat dalam Air Melalui Kegiatan Praktikum. Jurnal Pendidikan Dasar. (13). 38-40. Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya. Rifa‟I, A. dan Chatarina, T. A. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press. Rivai, A. dan Nana, S. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Ruslan, Rosady. (2003). Metode Penelitian PR dan Komunikasi. Jakarata : PT. Raja Grafindo Persada. Samatowa, Usman. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks. Sangidu. (2004). Metode Penelitian Sastra, Pendekatan Teori, Metode dan Kiat. Yogyakarta: UGM. Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press. Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Setyosari, Punaji. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana. Silberman, Melvin. (2006). Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media. Siregar, E. dan Hartini, N. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Galia Indonesia. Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfa Beta. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Suprijono, Agus. (2016). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Wahyana dan Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. citation: Julkhoriah, Dina dan Sari, Prima Mutia dan Kurniasih, Meyta Dwi (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Hasil belajar IPA Siswa Kelas V SDN Cipinang Cempedak 07 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14086/1/FKIP_PGSD_1501025401_DINA%20JULKHORIAH.pdf