TY - THES TI - Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Hasil belajar IPA Siswa Kelas V SDN Cipinang Cempedak 07 Jakarta ID - repository14086 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14086/ PB - Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka A1 - Julkhoriah, Dina A1 - Sari, Prima Mutia A1 - Kurniasih, Meyta Dwi AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan metode pembelajaran Crossword Puzzle pada siswa kelas V SDN Cipinang Cempedak 07 Jakarta pada semester 1 tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Posttest Only Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung=1,034 > rtabel=0,355, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji Liliefors Galat Taksiran diperoleh Lo 0,087 < Lt 0,165, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,156 < Ftabel 4,013, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 4,421 dengan ttabel 2,668 pada ? = 0,05 maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh pada pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Crossword Puzzle pada hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Cipinang Cempedak 07 Jakarta. M1 - bachelor Y1 - 2020/// ER -