eprintid: 14082 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/40/82 datestamp: 2022-04-25 01:12:00 lastmod: 2022-06-17 03:08:45 status_changed: 2022-04-25 01:12:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lyanidita, Lyanidita creators_name: Yanti, Prima Gusti creators_name: Arini, Novanita Whindi creators_id: lyanidita08@yahoo.com creators_id: prima_gustiyanti@uhamka.ac.id creators_id: Novanita_w.arini@uhamka.ac.id title: Upaya Meningkatkan Minat Membaca Siswa Melalui Penggunaan Pojok Baca Siswa Kelas II SDN Menes 1 Pandeglang ispublished: pub subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan minat membaca siswa dan faktor yang mempengaruhinya di kelas II SDN Menes 1, Kabupaten Pandeglang. Rendahnya minat membaca di Indonesia terutama anak-anak di kelas dasar sangatlah memprihatinkan, selayaknya kegemaran membaca harus ditanamkan sejak dini agar anak merasa senang ketika membaca buku sehingga dapat meningkatkan pengetahuan mereka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan cara mencari informasi tentang permasalahan yang ada, didefinisikan dengan jelas tujuan yang akan dicapai, merencanakan cara pendekatannya, mengumpulkan data sebagai bahan untuk membuat laporan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Minat membaca peserta didik kelas II di SDN Menes 1 Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang cukup rendah, sekitar 30%-40%. 2) Strategi yang dilakukan oleh guru untuk membuat minat membaca siswa di SD Negeri 1 Menes, antara lain: a) melakukan pemetaan minat siswa secara umum, b) menyediakan pojok baca di kelas, c) menambah koleksi buku bacaan sesuai minat siswa, dan d) membuat papan kreativitas yang berisi gambar - gambar untuk membuat menarik minat baca siswa. Pemetaan minat siswa dilakukan untuk mengetahui atau mendata minat siswa secara umumyang nantinya akan disesuaikan dengan penambahan koleksi buku dan pembuatan papan kreativitas. Pojok baca di kelas II SDN Menes 1 memiliki fungsi untuk menumbuh kenalkan budaya membaca siswa. Selain pojok baca, ditambahkan pula koleksi buku bacaan yang sesuai dan dibuat papan kreativitas yang berisi gambar dan kata-kata yang berfungsi menarik minat siswa. Adapun hal yang menjadi hambatan dari strategi yang diterapkan oleh guru adalah kurangnya motivasi membaca siswa, serta dukungan keluarga dan lingkungan sekitarnya. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahmad Tanzeh dan Suyitno. (2006). Dasar-dasar Penelitin. Surabaya: Elkaf. Amri, Sofyan. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya. Bafadal, Ibrahim. (2008). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. Basrowi dan Suwandi. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka. Cipta. Darmansyah. 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara. Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Materi Pokok Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka Press. Farida, Rahim. (2007). Pembelajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara. Gagne. (2013). Kegiatan Pembelajaran Yang Mendidik. Jakarta : PT Asdi. Mahasatya. Habel. (2015). Peran Guru Membangun Perilaku Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Diakses http://ejournal.sos.Fisip-Unmul.aca.id (9 mei 2019) Jurnal. Hilgard. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Irham, Muhammad dan Novan Ardy Wiyani, (ed). (2013). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Iskandarwassid, dan Dadang Sunandar. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda. Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta:Multi Pressindo. Made, Wena. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Minarti, Sri. (2011). Manajemen Sekolah ( Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri). Yogyakarta : Ar-Ruzz Mediaa. Moleong, J, Lexy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Mujtahid. (2011). Pengembangan Profesi Guru. Malang:UINMaliki Press. Nazir, M. (2008). Metode Penelitian. Jakarta:Ghalia Indonesia. Prasetyono, Dwi Sunar. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogyakarata: Think. Prawira, Purwa Atmaja. (2011). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. Sagala, Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Santoso, S. (2010). Mastering SPSS 18. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukardi, Ismail. (2013). Model-Model Pembelajaran Modern. Palembang: Tunas Gemilang Press. Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada. Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group). Zulela. (2012). Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. citation: Lyanidita, Lyanidita dan Yanti, Prima Gusti dan Arini, Novanita Whindi (2020) Upaya Meningkatkan Minat Membaca Siswa Melalui Penggunaan Pojok Baca Siswa Kelas II SDN Menes 1 Pandeglang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14082/1/FKIP_PGSD_1501025208_LYANIDITA.pdf