%0 Thesis %9 Bachelor %A Fitriani, Dyanti Putri %A Rahmiati, Rahmiati %A Amaliyah, Nurrohmatul %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:14079 %I Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka %T Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horey terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Pondok Ranggon 02 %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14079/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Course Review Horey terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Pondok Ranggon 02 Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan posttest-only control design. Populasi penelitian ini kelas V-A dan V-B berjumlah 60 orang dengan teknik sampling jenuh atau disebut dengan istilah sensus. Instrumen penelitian adalah hasil belajar berbentuk pilihan ganda. Uji validitas menggunakan Korelasi Poin Bisarial dengan 25 soal valid dari 40 soal yang diujikan. Uji reliabilitas menggunakan rumus K-R20 diperoleh rhitung 0,918 > rtabel 0,361. Maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Analisis persyaratan yaitu uji normalitas kelas eksperimen menggunakan uji Liliefors diperoleh Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0.1127 ≤ 0.1610, dan hasil perhitungan uji normalitas pada kelas kontrol Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0.1116 ≤ 0.1610, maka kedua sampel berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung ≤ Ftabel yaitu, 1,3319 < 1,8608 maka dapat disimpulkan bahwa data dari dua kelompok berdistribusi homogen. Uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 5,82 dengan ttabel= 2,002 pada α = 0,05 maka dengan demikian H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini ada Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horey terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Pondok Ranggon 02 Jakarta Timur.