@phdthesis{repository14076, month = {April}, year = {2022}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka}, title = {Pengaruh Metode Pembelajaran Role Play Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Kembangan Utara 01 Pagi Kota Jakarta Barat}, author = {Meilitami, Cessarina and Qodariah, Lelly and IYatri, Ika}, abstract = {Cessarina Meilitami: 1501025074."Pengaruh Metode Pembelajaran Role Play Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Kembangan Utara 01 Pagi Kota Jakarta Barat". Skripsi. Jakarta: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran Role Play pada Siswa kelas IV SDN Kembangan Utara 01 Pagi pada semester 1 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 31 soal valid dan 9 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung {\ensuremath{>}} rtabel yaitu 0,032 {\ensuremath{>}} 0,349, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Post-test (Kelas Eksperimen) Lo {\ensuremath{<}} Lt yaitu 0,062 {\ensuremath{<}} 0,161, dan Post-test(Kelas Kontrol) Lo {\ensuremath{<}} Lt yaitu 0,023 {\ensuremath{<}} 0,161, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung {\ensuremath{<}} Ftabel yaitu 1,375 {\ensuremath{<}} 1,861, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung {\ensuremath{>}} ttabel yaitu 88,35 {\ensuremath{>}} 2,00. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV SDN Kembangan Utara 01 Pagi Kota Jakarta Barat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Role Play terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV SDN Kembangan Utara 01 Pagi Kota Jakarta Barat. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Role Play, Hasil Belajar IPS}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14076/} }