eprintid: 14073 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/40/73 datestamp: 2022-04-25 01:11:37 lastmod: 2022-06-17 03:03:12 status_changed: 2022-04-25 01:11:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmatullah, Annisa creators_name: Iba, Khairil creators_id: annisa1105rahma@gmail.com creators_id: khairil.dosen@gmail.com title: Hubungan Minat Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tema 4 Sub Tema 2 Kelas IV SDN Baru 02 Pagi Cijantung Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan minat membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia tema 4 sub tema 2 kelas IV SDN baru 02 pagi cijantung Jakarta timur pada semester 1 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kuantatif Asosiatif dengan desain penelitian korelasi. Sampel yang digunakan adalah sampling kuota. Pada uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment sebanyak 40 soal berupa angket dengan 30 soal valid dan 10 soal drop. Hasil penelitian: rhitung = 0,509 sedangkan rtabel pada db = N-2 dengan alfa 0,05 diperoleh nilai sebesar 0,244, berdasarkan hasil tersebut maka ada korelasi antara hubungan minat memebaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia tema 4 sub tema 2 siswa kelas IV SDN Baru 02 Pagi Cijantung Jakarta Timur, hal ini ditunjukan rhitung > rtabel yakni (0,509 > 0,244). date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahmadi, Mohammad Reza., Hairul Nizam Ismail, dan Muhammad Kamarul Kabilan Abdullah. 2013. The Relationship Between Students’ Reading Motivation and Reading Comprehension. Journal of Education and Practice. Volume 4 (Nomor 18: 8-17). Apriyati, Tri., Joharman, dan Harun Setyo Budi. 2013. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Membaca terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Kalam Cendekia PGSD Kebumen. Volume 1 (Nomor 4: 1-10). Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP. Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers. Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Franz, Kurt., dan Meier, Bernhard. 1994. Membina Minat Baca. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Gembongan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 3 Tahun keIV (hal. 1-10). Harjanto, Bob. 2011. Merangsang dan Melejitkan Minat Baca Anak Anda. Yogyakarta: Manika Books. Hidayat, Heri., dan Siti Aisah. 2013. Read Interest Co-Relational with Student Study Performance in IPS Subject Grade IV (Four) in State Elementary School 1 Pagerwangi Lembang. International Journal of Scientific & Technology Research. Volume 2 (Issue 1: 101-114). Hidayat, Rakhmat Arif. 2015. Peran Warga Sekolah dalam Memanfaatkan Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di SD N Kuanaben, Yubina. 2016. Hubungan Minat Membaca dengan Kemampuan Menulis Karangan pada Siswa Kelas V SDN Jarakan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 8 Tahun ke-5 (hal. 737-745). Naim, Ngainun. 2013. The Power of Reading. Yogyakarta: Aura Pustaka. Nursalina, Ade Irma., dan Tri Esti Budiningsih. 2014. Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Minat Membaca pada Anak. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Volume 2 (Nomor 1: 1-7). Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Raditya, Wahyu Angga. 2016. Hubungan Minat Baca dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Seyegan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 1 Tahun ke-5 (hal. 64-71). Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Republik Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Pemerintah RI. Republik Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Pemerintah RI. Republik Indonesia. 2008. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar. Jakarta: Pemerintah RI. Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Pemerintah RI. Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013. Jakarta: Pemerintah RI. Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. Saleh, Abdul Rahman. 2016. Peranan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kegemaran Membaca dan Menulis Masyarakat. Jurnal Pustakawan Indonesia. Volume 6 (Nomor 1: 46-49). Setia Budi Kecamatan Perbaungan Tahun Pembelajaran 2010/2011. Kode: Jurnal Bahasa. Volume 1 (Nomor 1: 1-14). Shofaussamawati. 2014. Menumbuhkan Minat Baca dengan Pengenalan Perpustakaan pada Anak Sejak Dini. Jurnal Perpustakaan Libraria. Volume 2 (Nomor 1: 46- 59). Simatupang, Mutiara. 2012. Hubungan Minat Baca Cerpen Anak dengan Kemampuan Mengarang Cerita Pendek oleh Siswa Kelas V SD Swasta Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudarsana, Undang., dan Bastiano. 2010. Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sukardi, Ismail. 2013 Model-model Pembelajaran Moderen: Bekal untuk Guru Profesional. Jogjakarta: Tunas Gemilang Press. Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Peneltian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Tunde-Awe, Bola Margaret. 2014. Relationship Between Reading Attitudes and Reading Comprehension Performance of Secondary School Students in Kwara State, Nigeria. Review of Arts and Humanities. Volume 3 (Nomor 2: 203-215). Wahidmurni, Alfin Mustikawan, dan Ali Ridho. 2010. Evaluasi Pembelajaran (Kompetensi dan Praktik). Yogyakarta: Nuha Litera. Winatapurta, Udin S., dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka. citation: Rahmatullah, Annisa dan Iba, Khairil (2020) Hubungan Minat Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tema 4 Sub Tema 2 Kelas IV SDN Baru 02 Pagi Cijantung Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14073/1/FKIP_PGSD_1401045394_ANNISA%20RAHMATULLAH.pdf