eprintid: 14072 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/40/72 datestamp: 2022-04-25 01:11:35 lastmod: 2022-06-25 11:14:53 status_changed: 2022-04-25 01:11:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Alfiszar, Yusri Fairrus Azis creators_name: Nawawi, Nawawi creators_id: fairruzy@gmail.com creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Media Audio dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Citeureup Tahun Ajaran 2019/2020 ispublished: pub subjects: L1 divisions: 88201 abstract: Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media audio Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Negeri 1 Citeureup agar dapat diaplikasikan dalam sebuah kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode true eksperimental design berupa posttest-only control design yang akan diberlakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. dengan teknik olah data. Penelitian dengan menggunakan teknik olah data ini bertujuan agar kita dapat mengetahui seberapa besar pengaruh media audio dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penggunakan media audio dalam meningkatkan keterampilan menulisi puisi pada kelas X SMA Negeri 1 Citeuruep tahun ajaran 2019/2020 bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio dalam pembelajaran menulis puisi dengan effect size mencapai 0,536367 dengan rentangan nilai menulis puisi dengan menggunakan media audio atau pada kelas eksperimen yaitu 30 – 95 dan mencapai nilai rata-rata 74,63333, sedangkan rentangan nilai menulis puisi tanpa menggunakan media audio atau pada kelas kontrol yaitu 30 – 85 dan mencapai nilai rata-rata 67,53333. Penggunaan media audio dalam pembelajaran bahasa indonesia pada kelas X cukup membuat pengaruh yang signifikan dan cocok digunakan bagi pengajar dalam kegiatan belajar mengajar dikelas. Dengan menggunakan audio membuat suasana kelas menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Sebab peserta didik mempunyai sumber informasi yang menarik selain buku teks yang selalu digunakan dalam pembelajaran. Media audio juga dapat menjadi media alternatif guru dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers. Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers. Dalman. (2015). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers. Dalman. (2015). Penulisan Populer. Jakarta: Rajawali Pers. Dwi Rohman Soleh, Herman J. Waluyo, Setya Yuwana Sudikan, Nugraheni Eko Wardani. (2019) Implementasi Model Pembelajaran Drama Dengan Strategi Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Dongkrek. Dialektika, 6(1), Hlm. 4. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika Kusumaningsih, Dewi,. Dkk. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: ANDI. Nurgiyantoro, Burhan. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbisnis Kompetensi. Yogyakarta: BPPE Yogyakarta. Putri, Delia., Elvina. (2019). Penerapan Metode Game’s Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Dan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Bahastra, 39(2), Hlm. 1. http://journal.uad.ac.id/index.php/BAHASTRA Ramadhanti, Dina., Yanda, Diyan Pramata. (2017). Memahami Puisi. Yogyakarta: Deepublish. Rokhmansyah, Alfian. (2014). Studi Pengkajian Sastra Perkenalan Awal terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu. Rully, I., & Yaniawati, P. (2016). Metoodologi Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan Campuran. Bandung: Refika Aditama. Sedarmayanti., Hidayat, Syarifudin. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: CV Mandar Maju. Solihati, Nini., Hikmat, Ade dan Hidayatullah, Syarif. (2016). Teori Sastra. Jakarta: Uhamka Press. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kunatitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatitf dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia. Sumanto. (2014). Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS. Trijono, Rachmat. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Depok: Papas Sinar Sisanti. Wardoyo, Sigit Mangun. (2013). Teknik Menulis Puisi; Panduan Menulis Puisi untuk Siswa, Mahasiswa, Guru dan Dosen. Yogyakarta: Graha Ilmu. Wati, Ega Rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena citation: Alfiszar, Yusri Fairrus Azis dan Nawawi, Nawawi (2020) Pengaruh Media Audio dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Citeureup Tahun Ajaran 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14072/6/FKIP_PBSI_1601045024_YUSRI%20FAIRRUS%20AZIS%20ALFISZAR.pdf