eprintid: 14071 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/40/71 datestamp: 2022-04-25 01:11:33 lastmod: 2022-06-24 05:13:16 status_changed: 2022-04-25 01:11:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Farhana, Syifa creators_name: Solihati, Nani creators_id: nani_solihati@uhamka.ac.id title: Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA ispublished: pub subjects: L1 divisions: 88201 abstract: Pendidikan tidak hanya didapat dari pendidikan formal saja tetapi juga bisa di peroleh dari pendidikan non formal, salah satunya melalui Karya sastra hadirnya Karya Sastra sedikit banyak telah mempengaruhi pola pikir dan Semakin maraknya berbagai bidang pendidikan saat ini. Ternyata semakin marak pula perilaku yang bertentangan dengan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Salah satu novel yang dapat memberi pembelajaran dan memberikan nilai pendidikan bagi pembacanya ialah novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahma El Shirazy dengan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui isi novel tersebut. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy yang diterbitkan pada tahun 2017. Data yang dianalisis berupa kalimat dan kutipan teks yang berkaitan dengan Nilai-nilai Pendidikan Karakter dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Hasil penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) unsur intrinsik novel Bidadari Bermata Bening (2) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. (3) implikasinya terhadap pembelajaran Sastra di SMA berdasarkan standar kompetensi membaca yang termuat Kurikulum 2013 pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI semester II. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aunillah, Nurla. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana. Barnawi dan Arifin, M. 2012. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Bertens, K. 2011. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Fitri, A. Z. (2012). Reinventng human character: pendidikan karakter berbasis nilai & etika di sekolah. Jakarta: Ar-Ruzz Media. Furqonul Aziz dan Abdul Hasim, 2010 Menganalisis Fiksi Sebuah Pengantar, Bogor: Ghalia Indonesia Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. Hikmat, Ade & Solihati, Nani. 2016. Nilai Pendidikan Karakter Pada Lirik Lagu Anak-anak Tempo Dulu (Tinjauan Budaya). Volume 1 tahun 2016. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Diunduh pada tanggal 6 Agustus 2020, dari http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/339. Kesuma, Darma. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Kemendiknas. 2010. Kerangka Acuan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas. Mafud, Choirul. 2016. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Belajar Maksudin, H. 2013. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam, Jakarta: Amzah Mudyhardjo, Redja. 2010. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia (ed.1.Cet.IX; Jakarta: Rajawali Pers, hlm 11. Najib, dkk. 2015. Manajemen Masjid Sekolah Sebagai Laboratorium Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media. Nurgiantoro, B. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Nurul, Zuriah. 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Prspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara. Koesoema Doni. A. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern. Jakarta: Grasindo, hlm 80. Samani, Muchlas & Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, hlm 49 . Salim. Hitami. 2014. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Saptono. 2011, Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Erlangga. Solihati, Nani. 2017. Aspek Pendidikan Karakter Dalam Puisi Hamka. LITERA, Volume 16, Nomor 1, April 2017. FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Diunduh pada tanggal 6 Agustus 2020, dari https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/14250. Solichin, dkk. 2015. Manajemen Masjid Sekolah sebagai Laboratorium Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media. Suryaman, Maman. 2010. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra. Dalam Cakrawala Pendidikan, Tahun XXIX.Vol. 1 No. 3. 2010 Edisi Khusus Dies Natalis UNY. Diunduh tanggal 25 januari 2020, dari http://journal.uny.ac.id/index. Susilo, Adi. 2013. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Rajawali Pers. Hlm 68 Suryosubroto. 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta Hlm 223. Suyanto. (2010). Urgensi Pendidikan Karakter. Diunduh tanggal 19 desember 2019, dari http://waskitamandiribk.wordpress.com. Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Dapartemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Citra Umbara, Yanti Noor, Rabiatul Adawiah dan Harpani Matnuh, Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di Sma Korpri Banjarmasin, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Vol 6, No 11, Mei 2016. Diunduh tanggal 29 Januari 2020, dari ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/746. Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenda Media Grup. citation: Farhana, Syifa dan Solihati, Nani (2020) Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14071/1/FKIP_PBSI_1601045023_SYIFA%20FARHANA.pdf