eprintid: 14068 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/40/68 datestamp: 2022-04-25 01:11:26 lastmod: 2022-06-17 03:00:58 status_changed: 2022-04-25 01:11:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sari, Nur Rohmah creators_name: Kusnadi, Engkus creators_name: Yanti, Prima Gusti creators_id: nurrohmasari27@gmail.com creators_id: engkus255@gmail.com creators_id: prima_gustiyanti@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achivement Division Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kebon Kosong 02 Kecamatan Kemayoran kelurahan Kebon Kosong Tahun Ajaran 2018/2019. ispublished: pub subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Student Team Achivement Division terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SDN Kebon Kosong 02 Jakarta Pusat tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment. Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa kelas V B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes objektif pilihan ganda a,b, c dan d. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu Sampling Jenuh. Uji validitas menggunakan rumus Point Biserial Correlation. Berdasarkan hasil uji validitas dari 30 soal telah diperoleh 22 soal yang valid. Kemudian untuk uji reliabilitas menggunakan rumus Kuder Richardson-20 (KR-20). Berdasarkan hasil perhitungan rhitung0,819> rtabel0,396, maka soal tersebut dinyatakan reliabel. Hasil uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors, uji homogenitas dengan uji Fisher, dan uji hipotesis menggunakan uji – t. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas, kelas eksperimen Lhitung ttabel = 3,147> 2,012, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SDN Kebon Kosong 02 Jakarta Pusat dengan menggunakan model Student Team Achivement Division. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Evline Siregar dan Hartini. 2010. Teori Belajar dan Pembelajarn. Bogor: Ghalia Indonesia Isjoni. 2013. Pemebelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta Majid, Abdul. 2016.Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Oky Wasrik Dwi Nugroho. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Karang Duren. Yogyakarta: Universitas Negeri”. Mudjiono Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta Yaumi, Muhammad. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajara(disesuaikan dengan kurikulum 2013). Jakarta: Prenadamedia Group Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Menngajar. Jakarta: PT Bumi Aksara Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka Samatowa Usman. 2010. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks Haryanto, Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Sumantri, Syarif Muhammad. 20116. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta:Yuma Pustaka Margono S. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Irawan, Deni “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika” Siswa SDN Cengkareng Timur 01 Pagi Jakarta Barat. Jakarta: Universitas Islam Negeri. Hikmat M., Mahi . 2011. Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan SastraYogyakarta: Graha Ilmu Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni., 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam KTSP. Jakarta: PT Aksara Bumi Undang-undang RI. 2003 Kusdiwelirawan. . Statistika Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press Supardi. 2016. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Change Publication Arinkunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara citation: Sari, Nur Rohmah dan Kusnadi, Engkus dan Yanti, Prima Gusti (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achivement Division Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kebon Kosong 02 Kecamatan Kemayoran kelurahan Kebon Kosong Tahun Ajaran 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14068/1/FKIP_PGSD_1401045207_NUR%20ROHMAH%20SARI.pdf