eprintid: 14067 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/40/67 datestamp: 2022-04-25 01:11:23 lastmod: 2022-06-17 02:56:57 status_changed: 2022-04-25 01:11:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mawaddah, Atika Lestari creators_name: Kowiyah, Kowiyah creators_name: busyra, nur creators_id: kowiyah_agil@uhamka.ac.id title: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Bilangan Pecahan Di Kelas IV SDS Aulia Jakarta Barat ispublished: pub subjects: QA divisions: 86206 abstract: Atika Lestari Mawaddah. 1401045040. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Bilangan Pecahan Di Kelas IV SDS Aulia Jakarta Barat. Skripsi. Jakarta : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2020. Pengembangan media pada penelitian ini dilakukan karena menyadari bahwa era digital saat ini telah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Agar pendidikan pada Sekolah Dasar terus mengikuti perkembangan zaman, dibuatlah media pembelajaran dengan bentuk video animasi. Media video animasi dipilih karena dianggap memiliki berbagai keuntungan misalnya lebih menarik dan praktis. Hal tersebut juga sesuai dengan kebutuhan siswa yang mana kurang memiliki minat belajar pada pembelajaran matematika, padahal siswa dianggap memiliki pengaruh penting terhadap proses belajar. Tujuan peneliti mengembangkan media pembelajaran media pembelajaran ini adalah: (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran matematika Powtoon pada materi bilangan pecahan, (2) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran matematika berupa Powtoon pada materi bilangan pecahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi. Subyek penilaian produk untuk kelayakan media pembelajaran terbatas pada 3 ahli yaitu ahli desain, ahli materi dan ahli pembelajaran matematika. Sasaran uji coba produk adalah seluruh siswa kelas IV SDS Aulia berjumlah 50 siswa kelas eksperimen dan 50 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Powtoon pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas IV SDS Aulia dinyatakan valid/layak digunakan dengan skor skor validasi materi (77,7%) dan media (78,6%). Media pembelajaran Powtoon juga dianggap efektif karena mampu memberikan peningkatan pada hasil belajar dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen (86,2) lebih baik daripada kelompok kontrol (71,6). Respon terhadap media pembelajaran Powtoon pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas IV SDS Aulia dinyatakan efisien dan menarik dengan nilai respon positif guru (85,6%) dan siswa (80,4%). Kata Kunci: Pengembangan, Media Video Animasi Powtoon dan Pembelajaran Matematika. date: 2020 date_type: submitted full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adkhar, Bastiar Ismail. 2013. Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Kelas dua Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Labschool. Semarang: Unes. Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Asmani, Jamal Ma’ruf . 2010. 7 Tips Aplikasi Pakem. Yogyakarta: Diva Press. Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. 1983. Educational Research: An Introduction,. Fifth Edition. New York: Longman. Chaeruman, 2008. Mengembangkan Sistem Pembelajaran dengan Model ADDIE. Jakarta : PT. Remaja Rosdakarya. Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Gora, Winastwan dan Sunarto. 2010. PAKEMATIK Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta:PT Elex Media Komputindo. Gunaydin, Serpil a, Aysen Karamete a. 2016. Material Development to Raise Awarene of Using Smart Boards Powtoon. Journal of Contemporary Education University, Turkey European, Vol. 15, No 1. Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran. Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Ibrahim, Reyzal. 2011. Model Pengembangan ADDIE diakses melalui http://jurnalpdf.info/pdf/model-pengembangan-addie.html diakses tanggal 10 November jam 10.15 WIB Munadi, Yudi. 2010. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Gaung Persada Press. Nanni, Alexander. 2015. Teaching English Through the Use of Cloud-Based Animation Software Powtoon.TESOL Journal. Vol. 2. No. 3. Putra, Muklas Safi’i dan Abdul Rachaman Syam Tuasikal. 2017. Pemanfaatan Media Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukardjo dan Lis Permana Sari. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia. Yogyakarta: FMIPA UNY. Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Visual Terhadap hasil Belajar Driebel Bola Basket. Vol. 1 No.2. Wasis. 2004. Konsep Penelitian dan Pengembangan. Malang: Universitas Negeri Malang. citation: Mawaddah, Atika Lestari dan Kowiyah, Kowiyah dan busyra, nur (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Bilangan Pecahan Di Kelas IV SDS Aulia Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14067/1/FKIP_PGSD_1401045040_ATIKA%20LESTARI%20MAWADDAH.pdf