eprintid: 14062 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/40/62 datestamp: 2022-04-25 01:11:19 lastmod: 2022-06-25 09:55:02 status_changed: 2022-04-25 01:11:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anggraeni, Riri Indah creators_name: Nawawi, Nawawi creators_name: Sulistyawati, Sulistyawati creators_id: ririindahanggraeni@gmail.com title: Pengaruh Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 38 Bekasi Utara ispublished: pub subjects: L1 divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil keterampilan menulis teks cerita fabel dengan menggunakan metode pemetaan pemikiran (mind mapping) pada siswa kelas VII SMP Negeri 38 Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian posttest-only control design. Sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Hasil data yang diperoleh dari nilai tes keterampilan menulis akan dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan Chi Kuadrat yang hasilnya diperoleh bahwa lebih kecil dari derajat kebebasan sebesar 11,070 dan taraf kesalahan 5% dinyatakan bahwa berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan perhitungan pembagian varian terbesar dengan varian terkecil yang hasilnya nilai fhitung < nitai ftabelmaka data adalah homogen. Hasil penelitian menunjukkan pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t memperoleh bahwa: ada pengaruh metode mind mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fabel dan besar pengaruh metode mind mapping untuk keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VII SMPN 38 Bekasi Utara sebelum dan sesudah sebesar thitung 8,627 > ttabel 2,000. Hal inj berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil keterampilan menulis cerita fabel siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam keterampilan menulis teks cerita fabel. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Kegiruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Dalman. 2014. keterampilan menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Ghazali, Syukur.2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama. Hapsari, Novia Rizki. 2016. Pengembangan Buku Pengayaan Apresiasi Teks Fabel Bermuatan Nilai-nilai Karakter Bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. p-ISSN 2252-6722 e-ISSN 2503-3476. Universitas Negeri Semarang. Hermawati. 2016. Kemampuan Menganalisis Struktur Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra PBSI FKIP Univeraitas Cokroaminoto Palopo Volume 2 Nomor 2 ISSN-36672443. Juanda. 2018. Eksplorasi Nilai Fabel Sebagai Sarana Alternatif Edukasi Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 18, Nomor 2, Oktober 2018, pp 294-303, p-ISSN 1412-0712, e-ISSN 2527-8312, DOI. Universitas Negeri Makasar. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE. Pardiyono. 2007. Pasti Bisa: Teaching Genre-Based Writing. Yogyakarta: Andi Offset. Puspitasari, Nur Aini, Syarif Hidayatullah, Abdul Rahman Jupri. 2018. Keterampilan Mendongeng. Jakarta: Pustaka Ranggon. Rohman, Muhammad dan Amri, Sofan. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya. Sarumpaet, Riris K. Toha. 2012. "Struktur Bacaan Anak" dalam Kreatif Menulis Cerita Anak. Bandung: Nuansa. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta. Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT. Rafika Aditama. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT. Gramedia. Tarigan, Henri, Guntur. 2013. Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. citation: Anggraeni, Riri Indah dan Nawawi, Nawawi dan Sulistyawati, Sulistyawati (2020) Pengaruh Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 38 Bekasi Utara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14062/1/FKIP_PBSI_1501049006_RIRI%20INDAH%20ANGGRAENI.pdf