eprintid: 14058 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/40/58 datestamp: 2022-04-25 01:11:06 lastmod: 2022-06-25 10:10:14 status_changed: 2022-04-25 01:11:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Khaerunnisa, Addini Zahra creators_name: Ibrahim, Nini creators_id: addinizahra.rpl1@gmail.com creators_id: nini_ibrahim@uhamka.ac.id title: Pengaruh Soal Bahasa Indonesia Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terhadap Kompetensi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi ispublished: pub subjects: PN divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh soal bahasa Indonesia berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) terhadap kompetensi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas X SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian ex post facto dengan desain penelitian The Basic Causal Comparative Design. Teknik yang digunakan yaitu Purposive Sampling dan Random Sampling. Pada uji validitas menggunakan pretest dan posttest sebanyak 25 butir soal serta kuesioner sebanyak 20 butir pertanyaan. Pretest sebanyak 15 butir valid dan 10 butir tidak valid, posttest sebanyak 9 butir valid dan 16 butir tidak valid serta kuesioner 16 butir valid dan 4 butir tidak valid. Sedangkan pada uji realibilitas menggunakan rumus alpha ronbach pretest menunjukkan hasil 0,63, uji reliabilitas instrumen posttest menunjukkan hasil 0,53 dan uji realibilitas instrumen kuisioner menunjukkan hasil 0,78. Maka simpulannya adalah hasil uji reliabilitas instrumen pretest dan kuisioner memiliki nilai realibilitas yang tinggi/kuat, sedangkan hasil uji posttest memiliki nilai realibilitas yang sedang/cukup. Kemudian untuk tingkat kesukaran data pada pretest terdapat 1 butir yang sukar, 17 butir sedang dan 7 butir yang mudah. Tingkat kesukaran pada posttest terdapat 1 butir sukar, 20 butir sedang dan 4 butir mudah. Lalu untuk daya pembeda pada pretest terdapat 11 butir yang kurang, 9 cukup, dan 5 baik, sedangkan pada posttest terdapat 13 butir yang kurang, 10 butir cukup, dan 2 baik. Selanjutnya data dianalisis dengan uji persyaratan normalitas dengan menggunakan Uji Liliefors diperoleh nilai Asymp Sig. keempat data yaitu pretest kelas eksperimen 0,261 dan kelas kontrol 0,453 serta posttest kelas eksperimen 0,500 dan kelas kontrol 0,452 > taraf signifikansi 0,05 atau 5%, maka dapat disimpulkan bahwa keempat data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan untuk uji homogenitas diperoleh nilai Asymp Sig.untuk pretest yaitu 0,715 dan posttest yaitu 0,195. Maka dapat dikatakan nilai tersebut > taraf signifikansi 0,05 atau 5% dan data dikatakan homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji paired sample t-test diperoleh t-hitung pada kelas eksperimen yaitu -5,638 dengan taraf signifikansi 0,000. Sedangkan t-hitung pada kelas kontrol yaitu -4,791 dengan taraf signifikansi 0,000. Dengan demikian taraf signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol ini lebih tinggi daripada rata-rata nilai pretest.Selanjutnya uji ANCOVA diperoleh nilai F yang menunjukkan pengaruh antar kelompok memperoleh sebesar 32,512 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian nilai probabilitasnya yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa soal bahasa Indonesia berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) berpengaruh terhadap kompetensi belajar bahasa Indonesia. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Dinni, Husna. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma Journal Unnes,1, hlm.171. Utama, Putra. (2016). Kata Kerja Operasional Baru Taksonomi Bloom. Diambil 1 Agustus 2020, dari laman http://duniapendidikan.putrautama.id/katakerja-operasional-kko-ditjen-gtk-kemdikbud/. Fanani, Zainal. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam kurikulum 2013. Jurnal Edudeena, Vol.II, No.1, hlm.64, Januari 2018: 57-76). Fanani, Achmad & Kusmaharti, Dian. Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) Di Sekola Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801. Handayani, Ririn &Priatmoko, Sigit. (2013). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skills) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X. Jurnal: Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 7, No. 1, 2013, hlm. 1051-1062. Kadir. (2015). Statistika Terapan Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Kemendikbud. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Diakses 18 Desember 2019, dari laman https://gerbangkurikulum.psma.kemdikbud.go.id/. Kemendikbud. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Diakses tanggal 29 Juli 2020, dari http://repositori.kemdikbud.go.id/. Kemendikbud. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Diakses tanggal 17 Desember 2019, dari https://repositori.kemdikbud.go.id/. Kemendikbud. (2019). Panduan Penulisan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan. Diakses tanggal 29 Juli 2020, dari https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/. Kemendikbud. (2019). Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skill) Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Diakses tanggal 29 Juli 2020, dari https://repositori.kemdikbud.go.id/. Kusdiwelirawan. (2017). Statistika Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Macona, Mayolaza. (2014). Bloom’s Taxonomy. Diambil 17 Desember 2019, dari laman https://mayolazamacona.wordpress.com/2014/11/02/blooms-taxonomy/. Nugroho, Arifin. (2018). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Konsep, Pembelajaran, Penilaian dan Soal-soal). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Purwanto, Ngalim. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Putri, Bernadeta. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi: Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Pangesti, Arum. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Pada Penyelesaian Soal Hot Ujian Nasional Kimia Tahun Ajaran 2013/2014 Rayon SMA. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Rahayu, Rahmatika & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XIV, No. 1. Ramelan. (2017). MeningkatkanHasilBelajarSiswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Example Non Example Di Kelas VI SD Negeri No 053979 Kepala Sungai. ESJ Volume 7, No.1, Juni 2017. Republik Indonesia. (2005). Peraturan Presiden RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Sudharma, Maylana. (2013). Keberhasilan Cabang Olahraga yang Membuat Program Latihan dan yang Tidak Membuat Program Latihan Terhadap Hasil Tes Kemampuan Fisik Atlet Pelatkab Karawang Menuju PORDA 2014. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Sulastri, Imran & Firmansyah, Arif. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif citation: Khaerunnisa, Addini Zahra dan Ibrahim, Nini (2020) Pengaruh Soal Bahasa Indonesia Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terhadap Kompetensi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14058/1/FKIP_PBSI_1601045011_ADDINI%20ZAHRA%20KHAERUNNISA.pdf