eprintid: 14056 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/40/56 datestamp: 2022-04-25 01:11:01 lastmod: 2022-06-25 10:09:23 status_changed: 2022-04-25 01:11:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Firdausia, Salsabila creators_name: Nawawi, Nawawi creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Kain Rentang Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia ispublished: pub subjects: L1 divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara lengkap tentang analisis kesalahan berbahasa yang terdapat pada kain rentang di wilayah kota Jakarta Timur, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Instrument penelitian ini adalah kain rentang di wilayah kota Jakarta Timur dengan tabel analisis. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi lapangan dan mendokumentasikan data yang ditemukan dengan cara memfotonya, setelah data terkumpul lalu dibuat tabel analisis data untuk mengetahui kesalahan berbahasa apa saja yang terdapat pada kain rentang yang telah ditemukan. Setelah data dianalisis, lalu data dijabarkan kembali ke dalam pembahasan dalam bentuk deskripsi. Berdasarkan hasil analisis kesalahan berbahasa pada kain rentang dan implementasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, maka penulis menyimpulkan dari 17 data kesalahan berbahasa terdapat 6 bagian kesalahan yang terdiri dari kesalahan tanda baca yang meliputi penempatan tanda baca dan juga penggunaan tanda baca, lalu kesalahan penulisan kata yang meliputi kesalahan penulisan kata depan dan bentuk ulang, penggunaan unsur yan berlebihan, kesalahan bahasa tataran fonologi, penggunaan kata yang tidak tepat, serta penulisan kata yang tidak tepat. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Chaer, A. (2012). Linguistik Umum (revisi). Rineka Cipta. Chaer, A. (2015). MORFOLOGI BAHASA INDONESIA (Pendekatan Proses). PT Rineka Cipta. Dewi, T. U., Ruang, M. L., & Timur, J. (2018). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN MEDIA. 1, 497–513. Emzir. (2015). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN KUANTITATIF & KUALITATIF. Rajawali Pers. Fajriyani, N., & Ridho, M. R. (2020). BUKU PANDUAN UPT PERPUSTAKAAN IAIN SURAKARTA EDISI. 21(1), 55–68. Hasanudin, D., & Jupri, A. R. (2014). Teori Belajar Bahasa Indonesia (Revisi). Mitra Wacana Medika. Jalan, D. I., & Musthafa, K. H. Z. (2019). Jurnal Siliwangi : Seri Pendidikan PISSN 2476-9312 PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KESALAHAN PENGGUNAAN KAIDAH KEBAHASAAN PADA PAPAN REKLAME Kata Kunci : Mahasiswa , Kaidah Kebahasaan , Papan Reklame Keywords : Mahasiswa , Kaidah Kebahasaan , Papan Reklame Jurnal Siliwangi : Seri Pendidikan P- ISSN 2476-9312 E- ISSN 2614-5790. 5(1), 7–18. Lathifah, F., Farisi, M. Z. Al, & Indonesia, U. P. (2017). KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB Arabiyât. 4(2), 174–184. Lisdayanti, S. (2019). Kesalahan Penggunaan Ejaan Pada Informasi Layanan Niaga Di Kota Bengkulu. 7, 27–32. Matanggui, J., & Arifin, Z. (2014). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASSA INDONESIA (ke-1). Pustaka Mandiri. Moleong, P. D. L. J. (2017). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF (36th ed.). PT REMAJA ROSDAKARYA. Palupi, M. E., & Sitasi, C. (2018). Kesalahan Penulisan Kata Bahasa Indonesia Pada Kain Rentang dan Papan Iklan di Tempat Umum. 10(2), 13–20. Pujiyanto. (2013). Iklan Layanan Masyarakat (I. Adwitya (Ed.)). ANDI Rahman, N. N., Utami, R. S., & Raden, A. Z. M. (n.d.). Analisis tipografi pada spanduk pemasaran perumahan. Raya, K. B., & Morowali, K. (2006). Peningkatan Kemampuan Menggunakan Tanda Baca Titik , Koma , dan Titik Dua dalam Kalimat dengan Menggunakan Metode Latihan Siswa Kelas IV SDN Atananga. 3(1), 132–146. Retnosari, I. E. (2017). ISSN 0853-4404 PENGGUNAAN REDUPLIKASI DAN KOMPOSISI PADA MAKALAH WAHANA Volume 68 , Nomer 1 , 1 Juni 2017. 68. Riwu, L. (2017). penyimpangan Kaidah Ejaan Bahasa Indonesia Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA YPPK Yoanes XXIII Merauke. 4, 114–122. sarnia. (2015). Polisemi Dalam Bahasa Muna. 3(15), 1–16. Setyawati, N. (2010). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA Tori dan Praktik (M. Rohmadi (Ed.)). Yuma Pustaka. Sugiarto, E. (2014). KITAB EYD (S. Wibowo (Ed.); 1st ed.). ANDI. Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta Bandung. Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D (Sutopo (Ed.)). Alfabeta Bandung. Surakarta, I. (2019). LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA Pendahuluan. 3(1), 1–13. Triadi, D., & Bharata, A. S. (2010). AYO BIKIN IKLAN! MEMAHAMI TEORI & PRAKTEK IKLAN MEDIA LINI BAWAH. PT Elex Media Komputindo. widjono. (2017). BAHASA Indonesia Mata Kuliah Pengembangan KKepribadian di Perguruan Tinggi (Revisi ke-). PT Grasindo. citation: Firdausia, Salsabila dan Nawawi, Nawawi (2020) Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Kain Rentang Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14056/1/FKIP_PBSI_1601045010_SALSABILA%20FIRDAUSIA.pdf