eprintid: 14040 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/40/40 datestamp: 2022-04-25 01:08:06 lastmod: 2022-06-17 07:09:51 status_changed: 2022-04-25 01:08:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Widi, Annisa Kurnia creators_name: Haryati, Titik creators_name: Sagita, Dony Darma title: Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Perilaku Menyontek Siswa (Studi terhadap siswa SMP Negeri 7 Jakarta ispublished: pub subjects: BF divisions: 86201 abstract: Ditemukan fenomena yang sering terjadi dilakangan pelajar yaitu perilaku menyontek. Perilaku menyontek seringkali ditemui di setiap jenjang pendidikan, baik dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Perilaku menyontek yang sering dilakukan siswa seperti melihat serta menyalin pekerjaan teman, membuat catatan saat ujian, meminta jawaban oleh teman, hingga mengancam teman apabila tidak memberikan dan membantu dalam mengerjakan tugas maupun ujian. Perilaku menyontek juga cenderung diakibatkan karena terjalinnya interaksi dengan teman sebaya. Hal tersebut dibuktikan dengan penelitian ini yang membahas mengenai pengaruh interaksi teman sebaya terhadap perilaku menyontek Siswa SMP Negeri 7 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap perilaku menyontek siswa. Metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif. Populasi di dalam penelitian ini berjumlah 555 siswa. Sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling berjumlah 232 siswa. Uji validitas menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment berjumlah 30 item untuk variabel X dan 40 item untuk variabel Y. Terdapat 4 item tidak valid pada variabel X, sedangkan variabel Y valid 100%. Pada uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh hasil pada variabel X rhitung = 0,639 > rtabel = 0,355 dan pada variabel Y rhitung = 0,843 > rtabel = 0,355. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dalam IBM SPSS Statistics 25 diperoleh hasil data berdistribusi normal dengan tingkat Sig. 0,200 > 0,05. Selanjutnya dilakukan uji regresi linear sederhana diperoleh Sig. 0,001 < 0,05 menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y. Pada uji hipotesis digunakan uji Korelasi Pearson Product Moment dengan IBM SPSS Statistics 25 dan diperoleh rhitung = -0,223 > rtabel 0,138 (n= 232). Kemudian diketahui koefisen determinasi atau rhitung adalah -0,2232 = 0,05 yang mengandung arti bahwa pengaruh interaksi teman sebaya (X) terhadap perilaku menyontek (Y) adalah sebesar 5% dalam kategori rendah. Hal tersebut terbukti dari rendahnya kemampuan siswa dalam indikator komunikasi serta tingginya kemampuan siswa dalam indikator menyesuaikan diri yang berdasarkan hasil instrumen skala Likert. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahmadi, A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Hartanto, Dody. (2012). Bimbingan & Konseling Mengungkap Menyontek Mengungkap Akar Masalah dan Solusinya. Jakarta: PT. Indeks. Hartosujono & Sari, Nurul Komari. (2015). Perilaku Menyontek Pada Remaja. Yogyakarta: Jurnal Psikologi – ISSN: 1858-3970. Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga. Kurniaawan, Yusuf & Sudrajat, Ajat. (2018). Peran teman sebaya dalm pembentukan karakter siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Ilmu Sosial : Vol. 15. Leo, A. B. D. (2017). Friends with Benefits: Causes and Effects of Learners’ Cheating Practices During Examination. IAFOR Journal of Education, 5(2), 124. Mahendra, Suka. (2010). Hubungan antara pola asuh orang tua dan pengaruh peer group (kelompok sebaya) dengan sikap pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Surakarta Tahun ajaran 2009/2010. Surakarta. Skirpsi. FKIP. Universitas Sebelas Maret. Mujahidah. (2009). Perilaku Menyontek Laki-laki dan Perempuan: Studi Meta Analisis. Samarinda: Jurnal Psikologi – Vol. II. Santrock, Jhon W (2003). Adolescance Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga. Santosa, Slamet. (2006). Dinamika Kelompok Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 76 Sulistiowati. (2015). Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya Dengan Perilaku Pacaran Pada Remaja. Naskah Publikasi. UMS: Fakultas Psikologi.3. Yusuf, Syamsu. (2016). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. Walgito, B. (2003). Psikologi Kelompok. Yogyakarta: Andi. Walgito, B. (2010). Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi. Wulandari, Sri. (2014). Hubungan Antara Konformitas dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa SMP N 1 Selo Boyolali. Surakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta. citation: Widi, Annisa Kurnia dan Haryati, Titik dan Sagita, Dony Darma (2019) Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Perilaku Menyontek Siswa (Studi terhadap siswa SMP Negeri 7 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14040/1/FKIP_BK_1501015013_ANNISA%20KURNIA%20WIDI.pdf