eprintid: 14037 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/40/37 datestamp: 2022-04-25 01:08:01 lastmod: 2022-06-17 03:56:56 status_changed: 2022-04-25 01:08:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Agustin, Amanda Novilia creators_name: Heriyani, Eka creators_name: Sagita, Dony Darma title: Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Resiliensi Siswa Pasca Tsunami Di SMA Negeri 3 Pandeglang ispublished: pub subjects: L divisions: 86201 abstract: Bencana tsunami yang terjadi di Banten pada tanggal 22 Desember 2018 disebabkan erupsi Gunung Anak Krakatau, merupakan kejadian luar biasa yang tidak hanya berdampak pada materi melainkan secara psikologis yakni merasa cemas, panik, dan takut. Untuk itu diperlukan resiliensi (ketahanmalangan) yang baik, agar remaja dapat menjalani kehidupan dengan normal dan lebih baik. Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan resiliensi siswa di SMA Negeri 3 Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling dengan jumlah sebanyak 10 siswa.Pada uji validitas menggunakan rumus Point Biserial. Menggunakan angket sebanyak 40 soal pernyataan, di dapat 28 soal valid dan 12 tidak valid, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbanch Alpha dengan hasil rhitung 0,8 lebih besar dari rtabel 0,6, maka Ho ditolak dan H1 diterima, maka data instrument reliabel. Selanjutnya data dianalisis dengan uji persyaratan yaitu uji normalitas, menggunakan uji Liliefors. Uji normalitas untuk data pretest Lhitung = 0,199 < Ltabel = 0,258, dengan taraf signifikan α = 0,05, maka data yang diperoleh berdistribusi normal, untuk data postest Lhitung = 0,206 < Ltabel = 0,258, dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka data yang diperoleh berdistribusi normal, Pada uji hipotesis menggunakan uji – t diperoleh 0,240 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Yang berarti ada perbedaan resiliensi siswa sebelum melaksanakan layanan bimbingan kelompok dan setelah melaksanaan layanan bimbingan kelompok, yang artinya layanan bimbingan kelompok efektik dalam meningkatkan rsiliensi siswa. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta Eva, Safitri, 2018, Update Jumlah korban Tsunami Selat Sunda, dalam detiknews, 31 Desember 2018, Jakarta Hendriani, Wiwin, 2019, Resiliensi Psikologis, Jakarta : Prenadamedia Group Hurlock, Ellizabeth B, (Edisi Kelima : 1991), Psikologi Perkembangan, Jakarta : Penerbit Erlangga Ifdil & Taufik, 2012, Urgensi Peningkatan dan Pengembangan Resiliensi Siswa Di Sumatera Barat, Jurnal Ilmian Ilmu Pendidikan, 12 (2), 115-20 Jannah, Noor, 2015, Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Pemilihan Kegiatan Ekstrakulikuler Di SMP Negeri 1 Rantau, Jurnal Mahasiswa BK An-Nur, 1 (1), 34 - 43 Miller, Sam (Produser), 2006, Krakatoa The Last Days, BBC One, Inggris, 90 Mins Mufidah, Alaiya Choiril, 2017, Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Resiliensi dengan Locus Of Control Sebagai Moderator Pada Mahasiswa Bidikmisi, Psikodemensia, 16 (2), 122 – 130 Narti, Sri, 2014, Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa, Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset Nurmaningsih, 2011, Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa, Edisi Khusus (1) Pakaya, Rustam S, 2007, Tinjauan Laporan Penanggulangan Krisis Kesehatan Akibat Bencana di Indonesia Tahun 2006, Jakarta : Departemen Kesehatan Republik Indonesia Pusat Penanggulangan Krisis Prayitno & Erman Amti, 2004, Dasar–Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta : Asdi Mahasatya Prayitno, 1995, layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok, Jakarta : Ghalia Indonesia Rusmana, Nandang & Edja Sadjaah et al, 2007, Konseling Pasca Trauma Melalui Terapi Permainan Kelompok, Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia Satria, Budi & Mutia Sari, 2017, Tingkat Resiliensi Masyarakat di Area Rawan Bencana, Idea Nursing Jurnal, 8 (2), 31 – 34 Shally, Rayi Dwi Vica & Prasetyani Juliani, 2017, Resiliensi Pada penderita Kanker Serviks Stadium Lanjut, Jurnal Indegenious, 2 (1), 77-86 Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta Sukardi, Dewa Ketut, 2000, Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling, Jakarta : Rineka Cipta Suryabrata, Sumadi, 2015, Metodelogi Penelitian, Jakarta : Rajawali Pers Tohirin, 2013, Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah, Jakarta : Rajawali Pers Utami, Cecilia Tanti & Avin Fadilla Helmi, 2017, Self Efficasy dan Resiliensi, Sebuah Tinjauan Meta Analisis, Buletin Psikologi, 25 (1), 54 – 65 Yani, Heru Nurrochman, 2016, Bimbingan Kelompok Dengan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah Pahandut Palangkaraya, Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2 (2), 6-11 citation: Agustin, Amanda Novilia dan Heriyani, Eka dan Sagita, Dony Darma (2019) Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Resiliensi Siswa Pasca Tsunami Di SMA Negeri 3 Pandeglang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14037/1/FKIP_BK_1501015010_AMANDA%20NOVILIA%20AGUSTIN.pdf