%D 2019 %T Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Resiliensi Siswa Pasca Tsunami Di SMA Negeri 3 Pandeglang %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka %A Amanda Novilia Agustin %A Eka Heriyani %A Dony Darma Sagita %X Bencana tsunami yang terjadi di Banten pada tanggal 22 Desember 2018 disebabkan erupsi Gunung Anak Krakatau, merupakan kejadian luar biasa yang tidak hanya berdampak pada materi melainkan secara psikologis yakni merasa cemas, panik, dan takut. Untuk itu diperlukan resiliensi (ketahanmalangan) yang baik, agar remaja dapat menjalani kehidupan dengan normal dan lebih baik. Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan resiliensi siswa di SMA Negeri 3 Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling dengan jumlah sebanyak 10 siswa.Pada uji validitas menggunakan rumus Point Biserial. Menggunakan angket sebanyak 40 soal pernyataan, di dapat 28 soal valid dan 12 tidak valid, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbanch Alpha dengan hasil rhitung 0,8 lebih besar dari rtabel 0,6, maka Ho ditolak dan H1 diterima, maka data instrument reliabel. Selanjutnya data dianalisis dengan uji persyaratan yaitu uji normalitas, menggunakan uji Liliefors. Uji normalitas untuk data pretest Lhitung = 0,199 < Ltabel = 0,258, dengan taraf signifikan α = 0,05, maka data yang diperoleh berdistribusi normal, untuk data postest Lhitung = 0,206 < Ltabel = 0,258, dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka data yang diperoleh berdistribusi normal, Pada uji hipotesis menggunakan uji – t diperoleh 0,240 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Yang berarti ada perbedaan resiliensi siswa sebelum melaksanakan layanan bimbingan kelompok dan setelah melaksanaan layanan bimbingan kelompok, yang artinya layanan bimbingan kelompok efektik dalam meningkatkan rsiliensi siswa. %L repository14037