eprintid: 14031 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/40/31 datestamp: 2022-04-25 01:07:49 lastmod: 2022-06-25 10:05:25 status_changed: 2022-04-25 01:07:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tisye, Tisye creators_name: Riadi, Sugeng creators_id: tisyehanmy0504@gmail.com creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Nilai Moral dalam Cerita Rakyat dari Riau Ujang Pengkau serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA ispublished: pub subjects: L1 divisions: 88201 abstract: Ujang Pengkau merupakan cerita anak yang bersumber pada beberapa legenda yang terdapat di daerah Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Cerita rakyat Ujang Pengkau berperan penting sebagai penggugah nilai-nilai moral yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk membentuk karakter dan perilaku serta pertumbuhan kepribadian seseorang anak maka dengan cerita rakyat ini memberikan pelajaran mengenai nilai moral : kerja keras, kasih sayang, religius, tolong menolong, kesantunan, tanggung jawab, kejujuran, kerukunan, kerja sama, dan menghargai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan anailisis nilai moral yang terkandung dalam cerita rakyat Ujang Pengau dengan menggunakan Metode kualitatif dengan cera analisis kata dan kalimat. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Bertens. 2013. Etika. Yogyakarta: Kanisius Fatmahwati. 2008. Ujang Pengkau. PUSAT ABAHSA DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL. Jakarta. Ibrahim Nini. 2014. Perencanaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Jakarta: Mitra Abadi. Ismawati, Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta Ombak. La Ode Gusal. 2015. Nilai – nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara. Jurnal Humanika. 15(3). Muhammad Zikri Wiguna dan Al Ashadi Alimin.2018. Analisis Nilai-nilai Moral DalamCerita Rakyat Kalimantan Barat.Jurnal Pendidikan Bahasa. 7(1) 144-145. Nurhannah Widianti, dkk. 2017. Nilai Moral Dalam Cerita Badad Cirebon Berdasarkan Penceritaan Di Keraton Kanoman. Jurnal Indonesia Language Education and Literature. 3(1). 24-25 Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra; Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu. Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Ghalia Indonesia. Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta Sugiyono. 2017. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN KOMBINASI ( MIXED METHODS) . Bandung : Alfabeta. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, daan R&D. Bandung. Alfabeta Tikah Suryani. 2016. Analisis Nilai-nilai Morall Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Edisi 5. ARTIKEL E- JURNAL. Wisrawaty Wahyuddin. 2016. Kemampuan membentuk isi cerita rakyat siswa kelas X SMA NEGERI 1 RAHA Jurnal Bastra Vol. 1, No 1, Maret 2016. citation: Tisye, Tisye dan Riadi, Sugeng (2020) Nilai Moral dalam Cerita Rakyat dari Riau Ujang Pengkau serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14031/1/FKIP_PBSI_1601045008_TISYE.pdf