eprintid: 14030 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/40/30 datestamp: 2022-04-25 01:07:42 lastmod: 2022-06-25 09:56:06 status_changed: 2022-04-25 01:07:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tuzahra, Anggi creators_name: Solihati, Nani creators_id: Anggituzahra4@gmail.com creators_id: nani_solihati@uhamka.ac.id title: Pendidikan Karakter dalam Syair Ceramah Ustaz Abdul Somad dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di Sekolah ispublished: pub subjects: L1 divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis nilai pendidikan karakter berupa nilai Religius, Jujur, Tanggung Jawab, Disiplin, Kerja Keras, Berpikir Logis, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Cinta Ilmu, Toleransi, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Demokrasi, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Keberagaman, Peduli Lingkungan, dan Peduli Sosial pada Syair dalam Ceramah Ustaz Abdul Somad. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan pendekatan analitis. Berdasarkan hasil analisis dan kajian terhadap Syair dalam Ceramah Ustaz Abdul Somad, dapat disimpulkan bahwa, syair-syair tersebut memberikan tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia santun dan berkarakter yaitu; Religius, Jujur, Tanggung Jawab, Cinta Ilmu, Cinta Tanah Air, Jadi kesimpulan yang dapat dikemukkan nilai pendidikan karaktEr lebih dominan nilai religius dibandingkan dengan nilai pendidikan karakter yang lainnya. Pengkajian nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran sastra Indonesia, merupakan upaya penanaman nilai karakter pada peserta didik. Nilai pendidikan karakter tersebut dapat di implementasikan dalam pembelajaran sastra Indonesia di Sekolah Mengah Pertama dan kehidupan sehari-hari. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. 13(1), 25–38. Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’an, 10(2), 119–131. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsq/article/view/4441 Citra, Y. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(1), 237–249. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jupe7950.64 Kamang, U. (2020). Abdul Somad Ulama Indonesia. Wikipedia. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Abdul_Somad Kesuma, T. M. . (2007). PENGANTAR (METODE) PENELITIAN BAHASA. Carasvatibooks. Muttaqin, Z. (2018). Peranan Metode Ceramah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Vi Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di Sd Al-Muzzammil Bekasi. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 280–286. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.267 Samani, M., & Hariyanto. (2017). Konsep dan Model Pendidikan Karakter (A. Kamsyach (ed.); 6th ed.). ROSDA. Solihati, N. (2017). ASPEK PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PUISI HAMKA. FKIP Universitas Muhammadiyah, 16, 51–63. Solihati, N., Hikmat, A., & Hidayatullah, S. (2016). TEORI SASTRA Pengantar Kesusastraan Indonesia. UHAMKA PRESS. Subhan, F. (2015). INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DALAM FILM NEGERI LIMA MENARA KARYA AHMAD FUADI. Tasyri, 22(20), 35–60. SUDARYANTO. (2016). METODE DAN ANEKA TEKNIK ANALISIS BAHASA Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis (II). Sanata Dharma University Press. Turmuzi, A. (2020). Tradisi Lisan Naskah Berkesah Puspakrama (Tinjauan Semiotik). Sastra, Budaya, Dan Pariwisata, Vol 1, No. Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290–303. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1477 citation: Tuzahra, Anggi dan Solihati, Nani (2020) Pendidikan Karakter dalam Syair Ceramah Ustaz Abdul Somad dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di Sekolah. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14030/2/FKIP_PBSI_1601045001_ANGGI%20TUZAHRA.pdf