%0 Thesis %9 Bachelor %A Tuzahra, Anggi %A Solihati, Nani %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:14030 %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %T Pendidikan Karakter dalam Syair Ceramah Ustaz Abdul Somad dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di Sekolah %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14030/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis nilai pendidikan karakter berupa nilai Religius, Jujur, Tanggung Jawab, Disiplin, Kerja Keras, Berpikir Logis, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Cinta Ilmu, Toleransi, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Demokrasi, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Keberagaman, Peduli Lingkungan, dan Peduli Sosial pada Syair dalam Ceramah Ustaz Abdul Somad. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan pendekatan analitis. Berdasarkan hasil analisis dan kajian terhadap Syair dalam Ceramah Ustaz Abdul Somad, dapat disimpulkan bahwa, syair-syair tersebut memberikan tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia santun dan berkarakter yaitu; Religius, Jujur, Tanggung Jawab, Cinta Ilmu, Cinta Tanah Air, Jadi kesimpulan yang dapat dikemukkan nilai pendidikan karaktEr lebih dominan nilai religius dibandingkan dengan nilai pendidikan karakter yang lainnya. Pengkajian nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran sastra Indonesia, merupakan upaya penanaman nilai karakter pada peserta didik. Nilai pendidikan karakter tersebut dapat di implementasikan dalam pembelajaran sastra Indonesia di Sekolah Mengah Pertama dan kehidupan sehari-hari.