eprintid: 14026 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/40/26 datestamp: 2022-04-25 01:07:29 lastmod: 2022-06-24 05:09:50 status_changed: 2022-04-25 01:07:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Endah, Alina creators_name: Wahyuni, Nur creators_name: Handayani, Trisni creators_id: alinane33@Gmail.com creators_id: nurwahyuni@uhamka.ac.id creators_id: trisni@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0001-5364-0819 title: Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Telaga Asih 04 Cikarang Barat ispublished: pub subjects: L1 divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Telaga Asih 04 Cikarang Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental, dengan bentuk The Nonequivalent Posttes-Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh dengan sampel penelitian sebanyak 48 siswa, yang terdiri dari 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, dalam bentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 40 soal, yang terdiri dari 4 pilihan (a,b,c, dan d). Uji validitas dihitung dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial. Hasil dari perhitungan tersebut didapatkan hasil 30 soal valid dan 10 soal tidak valid (drop). Uji reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus KR.20 (Kunder Richardson.20) didapat 0,923 0,374 maka instrumen reliabel. Uji Normalitas menggunakan Chi Kuadrat. Untuk kelas eksperimen di dapat = 3,45 11,070 sedangkan kelas kontrol = 1,47 11,070 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Uji Homogenitas menggunakan Uji Fisher, di dapat = 1,58 2,00 dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Uji Hipotesis menggunakan Uji-t, di dapat = 5,033 2,014. Dari hasil data di atas, menyatakan bahwa tolak H0 dan terima H1 maka hasil penelitian menyimpulkan Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar IPS Pada Kelas IV SDN Telaga Asih 04 Cikarang Barat. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Kegiruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aisyiyah, Nurhidayani. 2013. Keefektifan Teknik Picture and Picture terhadap Minat dan Hasil Belajar Sumber Daya Alam pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Mintaragen 1, 3, dan 7 Kota Tegal. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Eavaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Dani, Galih Septiyan Rahayu, dkk. 2018. Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendapingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. FKIP Siliwangi. Vol.1. No.1, hlm. 19 Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Eka, Karunia Lestari dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis). Bandung: PT. Refika Aditama, hlm. 136 Gunawan, Rudy. 2016. Pendidikan IPS (Filisofi, Konsep, dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta. Hijriati. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan. UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Vol. III. No. 1, hlm. 78 Huriyanti, Luthfi, dkk. 2017. Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Siswa Setelah Menggunakan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw. Jurnal Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Jakarta. Vol. 3 No. 1, hal. 67 Ibrahim. 2017. Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make – A Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora. Vol. 3 No. 2, hlm. 205 Iman, Lela K. 2013. Keefektifan Teknik Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Sekolah Dasar Negeri Kejambon 7 Kota Tegal. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang. Juni, Donni Priansa. 2017. Pengenbangan Strategi dan Model Pembelajaran.Bandung: CV Pustaka Setia. Karwono & Heni Mularsih. 2017. Belajar dan Pembelajaran: Serta Pemanfaatan Sumer Belajar. Depok:Rajawali Pres. M.Thobroni. 2015. Belajar & pembelajaran. Yogyakarta:AR-Ruzz Media. Maesaroh, Siti. 2013. Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan. Alumnus Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta. Vol. 1 No. 1, hlm. 160 Muh. Sain Hanafy. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan. UIN Alauddin Makassar. Vol. 17. No. 1. Nashrullah, dkk. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar Kecil Cempaka Sari Melalui Penerapan Pencapaian Konsep Pada Kelas IV. Jurnal Elementary School Of Education. FKIP Universitas Tadulako. Vol. 2, No.1, hlm. 59 Ngalimun. 2015. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo, Nurlaila. 2015. Development Of Sosial Skills In Learning Sosial Studies In Primary School. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Sekolah. STKIP Subang. Vol. I No.1, hlm. 126 Riduwan. 2016. Dasar-dasar Statistik. Bandung : Alfabeta. Rohman, Muhammad, dkk. 2013. Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustakaraya. Sahara, Mira. 2014. Pengaruh Metode Picture and Picture terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Bambu Apus 03 Pagi JakartaTimur. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Sapriya. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Supardi. 2013. Aplikasi Statistik Dalam Penelitian. Jakarta : Change Publication, Supardi. 2016. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT.Fajar Interpratama Mandiri. Sutikno, Sobry. 2014. Metode &Model-model Pembelajaran. Lombok : Holistica. Suyitno.M. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Instalasi Motor Listrik. Jurnal Teknologi Pendidikan. UNJ Jakarta Timur. Vol. 18, No. 2, hlm. 131 Wahidmurni. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS.Yogyakarta: AR-Ruzz Media. citation: Endah, Alina dan Wahyuni, Nur dan Handayani, Trisni (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Telaga Asih 04 Cikarang Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14026/1/FKIP_PBSI_1401045013_ALINA%20ENDAH.pdf