relation: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14026/ title: Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Telaga Asih 04 Cikarang Barat creator: Endah, Alina creator: Wahyuni, Nur creator: Handayani, Trisni subject: L Education (General) description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Telaga Asih 04 Cikarang Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental, dengan bentuk The Nonequivalent Posttes-Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh dengan sampel penelitian sebanyak 48 siswa, yang terdiri dari 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, dalam bentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 40 soal, yang terdiri dari 4 pilihan (a,b,c, dan d). Uji validitas dihitung dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial. Hasil dari perhitungan tersebut didapatkan hasil 30 soal valid dan 10 soal tidak valid (drop). Uji reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus KR.20 (Kunder Richardson.20) didapat 0,923 0,374 maka instrumen reliabel. Uji Normalitas menggunakan Chi Kuadrat. Untuk kelas eksperimen di dapat = 3,45 11,070 sedangkan kelas kontrol = 1,47 11,070 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Uji Homogenitas menggunakan Uji Fisher, di dapat = 1,58 2,00 dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Uji Hipotesis menggunakan Uji-t, di dapat = 5,033 2,014. Dari hasil data di atas, menyatakan bahwa tolak H0 dan terima H1 maka hasil penelitian menyimpulkan Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar IPS Pada Kelas IV SDN Telaga Asih 04 Cikarang Barat. date: 2020 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14026/1/FKIP_PBSI_1401045013_ALINA%20ENDAH.pdf identifier: Endah, Alina dan Wahyuni, Nur dan Handayani, Trisni (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Telaga Asih 04 Cikarang Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.