eprintid: 14025 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/40/25 datestamp: 2022-04-25 01:07:27 lastmod: 2022-04-25 01:07:27 status_changed: 2022-04-25 01:07:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: rani, Khairani creators_name: Rahmiati, Rahmiati creators_name: Sugeng Riadi, Sugeng creators_id: rahmiati@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar TEMA 2 Melalui Metode Pesan Berantai Siswa Kelas IV SDIT AJIMUTU GLOBAL INSANI, Tambun Utara ispublished: unpub subjects: L1 divisions: 61206 abstract: Khairani . NIM 1301045292. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar TEMA 2 Melalui Metode Pesan Berantai Siswa Kelas IV SDIT AJIMUTU GLOBAL INSANI, Tambun Utara, Jakarta: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka 2020 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Tema 2 Melalui Metode Pesan Berantai Siswa Kelas IV SDIT AJIMUTU GLOBAL INSANI, Tambun Utar Khususnya di kelas IV yaitu sebanyak 20 siswa sesuai dengan jumlah siswa yang ada dalam satu kelas. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi, tes individu, dokumentasi, dan catatan lapangan. Dalam Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Dari Hasil Tema 2 Melalui Metode Pesan Berantai Siswa Kelas IV SDIT AJIMUTU GLOBAL INSANI. Keberhasilan Metode Pesan Berantai yang dilakukan guru mempunyai peningkatan hasil belajar Tematik kelas IV. Penggunaan Metode Pesan Berantai membuat siswa lebih aktif dan mampu berkomunikasi dengan baik dan benar menjadi semangat dalam belajar, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Pesan Berantai pada pembelajaran Tematik dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV di SDIT AJIMUTU GLOBAL INSANI, Tambun Utara. Kata Kunci : Metode Pesan Berantai, hasil belajar Tematik date: 2022-04-21 date_type: submitted full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Aqib, Zainal, Murtadlo, Ali. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Krearif dan Inovatif. Bandung. PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta :Rinekacipta. Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Refrensi (GP Press Group). Kusumah, Wijaya dan Dwitagma, Dedi. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT Indeks Permata Puri Media.Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyaarta. Pustaka Pelajar. Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta. Rajawali. Sagala, syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta Sriyanti, Lilik, 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta. Ombak. Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta :Prenadamedia Group. Sutikno M. Sobry. 2014. Metode dan Model- model Pembelajaran. Lombok: Holistica. Tarigan, Djago. 1990. Proses Belajar Mengajar Pragmatik. Bandung: Angkasa citation: rani, Khairani dan Rahmiati, Rahmiati dan Sugeng Riadi, Sugeng (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar TEMA 2 Melalui Metode Pesan Berantai Siswa Kelas IV SDIT AJIMUTU GLOBAL INSANI, Tambun Utara. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14025/1/FKIP_PGSD_1301045292_KHAIRANI.pdf