eprintid: 14020 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/40/20 datestamp: 2022-04-25 01:07:24 lastmod: 2022-06-24 04:42:54 status_changed: 2022-04-25 01:07:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Choiroh, Latifah creators_name: Yanti, Prima Gusti creators_name: Qura, Ummul creators_id: latifahchoiroh9@gmail.com creators_id: prima_gustiyanti@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Korelasi Kebiasaan Membaca terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas XI Smk Dinamika Pembangunan 2 Jakarta ispublished: pub subjects: L1 divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Korelasi Kebiasaan Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas XI Smk Dinamika Pembangunan 2 Jakarta Pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling.. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini tes tulis, yaitu berupa penugasan, terhadap siswa untuk membuat narasi dengan tema yang telah ditentukan oleh peneliti. Uji validitas dilakukan dengan data hasil uji coba instrumen yaitu validitas butir dengan menggunakan koefisien korelasi antara skor dengan total instrumen. Angket terdiri dari, 50 butir pernyataan yang semua butir soal terseut dimaksudkan untuk mengetahui kebiasaan membaca siswa. Dalam menganalisis butir soal, peneliti menggunakan rumus product moment dengan angka kasar. Uji Normalitas menggunakan uji-t yang menunjukkan bahwa thitung = 9,1 sedangkan nilai ttabel = 1,70 dengan level signifikasi 0,95 dk (n-2). Dengan demikian thitung > ttabel yaitu = 9,1 >1,70 dapat dikatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil data di atas, menyatakan bahwa tolak H0 dan terima H1 maka hasil penelitian menyimpulkan Terdapat Korelasi Antara Kebiasaan Membaca Dengan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas XI SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Kegiruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Akhardiah, Sabarti. 2012. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada Ismawati, Esti. 2012. metode penelitian pendidikan bahasa dan sastra. Yogyakarta : Ombak Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta : Gramedia Muktiono, Joko D. 2003. Aku Cinta Buku. Jakarta : Elex Media Kompurindo Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta : BPPE Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian: Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta Semi, Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa Soedarso. 2010. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta : Gramedia Solihati, Nani, dan Ade Hikmat. 2013. Bahasa Indonesia. Jakarta : Grasindo Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, kulaitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta Sukardi. 2012. Pembelajaran Menulis. Jakarta : Uhamka Press Syafaruddin. 2012. Pendidikan dan Pemberdayaan Masyaraka. Medan : Perdana Tampubolon. 2008. Kemampuan Membaca. Bandung : Bekasi ----------------. 1993. Mengembangkan Kebiasaan dan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Ketermapilan Berbahasa. Bandung : Angkasa -------, ------------------. 2008. Membaca: Sebagai Suatu Ketermapilan Berbahasa. Bandung : Angkasa Wiyanto, Asul. 2006. Keterampilan menulis paragraf. Jakarta: Grasindo citation: Choiroh, Latifah dan Yanti, Prima Gusti dan Qura, Ummul (2020) Korelasi Kebiasaan Membaca terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas XI Smk Dinamika Pembangunan 2 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14020/1/FKIP_PBSI_1301055061_LATIFAH%20CHOIROH.pdf