eprintid: 13574 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 2319 dir: disk0/00/01/35/74 datestamp: 2022-10-09 07:04:40 lastmod: 2022-10-09 07:04:40 status_changed: 2022-10-09 07:04:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Budianti, Nuri creators_name: Priyanto, Priyanto creators_name: Tuti Wiyati, Tuti creators_id: tuti.wiyati@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading ispublished: pub subjects: RS divisions: 48201 abstract: Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang menyelenggara kan upaya kesehatan. Pemberian pelayanan yang baik akan berdampak terhadap jumlah kunjungan pasien yang semakin meningkat. Untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, dilakukan penelitian dengan metode deskriptif dengan pendekatan Cross sectional, data diambil dengan memberikan kuesioner kepada 100 pasien BPJS yang menggunakan jasa pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading dengan secara acak atau Simple random sampling, data diolah dan di analisis dengan skala likert. Hasil penelitian di dapatkan bahwa pelayanan kefarmasian untuk peserta BPJS di Puskesmas Kelapa Gading sudah memberikan kepuasan kepada pasien dengan persentase cukup puas 8%, puas 79% dan sangat puas sebesar 13%. Kata Kunci : pelayanan kefarmasian, BPJS, kepuasan pasien date: 2022-03-08 date_type: completed full_text_status: restricted institution: Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka department: Fakultas Farmasi Dan Sains thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rhineka Cipta. Hlm. 144. Assuari, S. 2003. Customer Service Yang Baik Landasan Pencapaian Customer Satisfaction. Dalam Usahawan, No 01, Tahun XXXII, Januari. Jakarta. Azwar, A. 1996. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara. Cet ke 1, Hlm. 51. Data Laporan Tahunan Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading Jakarta Utara tahun 2016. Departemen Kesehatan RI. 2004. Keputusan Mentri Kesehatan RI No 1027/ Menkes/SK/IX/2004 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotik. Jakarta: Departemen Kesehatan. Departemen Kesehatan RI. 2013. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.55/Menkes/per/IX/2013 Tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis. Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta. Departemen Kesehatan RI. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.74/Menkes/2016 Tentang Penyelenggaraan Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas. Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta. Dharma, K K, 2011. Metedologi Penelitian Keperawatan. Jakarta: Trans Info Media. Hlm 67 Effendi, Ferry dan Makhfadli. Kesehatan komunitas Teori dan Praktek Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba. Hlm. 45. Frisellya, P dan Benno R. 2009. Studi Persepsi Tingkat kekotoran untukmendukung penyapuan jalan. Bandung.Institut Tekhnologi Bandung. Hardjana, A M. 2007. Komunikasi dan Interpersonal. Yogyakarta : Konisius. Hlm 8, 29-35. Hariantono, S. 2004. Penebusan Resep Oleh Pasien Rawat Jalan dan Faktor- Faktor yang mempengaruhinya. Departemen Farmasi FMIPA-UI Litbangkes RI: Majalah Ilmu Kefarmasian vol 1 no3. Kementerian Kesehatan RI. 2014. Buku Saku FAK BPJS Kesehtan. Jakarta: Sekertariat Jendral Kementerian Kesehatan RI. Hlm. 11. Kementerian Kesehatan RI.2015. Laporan Kinerja Kementerian Kesehatan. Jakarta: Sekertariat Jendral Kementerian Kesehatan RI. Hlm. 4. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keiler.2009. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Erlangga. Hlm. 145. Muninjaya, Gde.A.A.2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC. Hlm. 12. Moenir. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara. Hlm. 27. Ningrum. 2014. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan BPJS Terhadap Kepuasan Kepuasan Pasien di Poliklinik THT Rumkital Dr.Ramelan Surabaya, Skripsi, Stikes HangTuah. Surabaya. Nooria, Widoningsih. 2008. Pengaruh Persepsi Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di RSU Saras HusadaPurworejo, Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Notoatmodjo, S. 2005. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. Hlm 188. Parasuraman. (1998). A., V.A, Zeithml dan L.L., Berry., 1998, SERVQUAL : A multiple item scale for Meansuring Consumer Perception of Service Quality, hlm 111. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 30 tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Jakarta. Pusparia, L M. 2010. Analisis Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi Dengan Minat Pasien Menebus Kembali Obat Di Instalasi Farmasi RSUD Budhi Asih, Skripsi. Depok. Ratminto dan Septi Winarsih, Atik. 2005. Manajemen Pelayanan Pengembangan konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hlm. 2. Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta. Hlm 74,79,85. Riyadi, R. 2015. Mutu Pelayanan Kesehatan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Puskesmas Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Skripsi. Jakarta. Simamora, Bilson, 2005. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabeli. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Sinambela L P. Reformasi Pelayanan Publik, (Teori, Kebijakan dan Implementasi). Jakarta: Bumi Aksara. Hlm. 5. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito. Hlm 129. Syofian, S. 2011. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Hlm. 144,149,206,208 Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Hlm 61,62,63 Tjiptono, F dan Gregorius Candra. 2005. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset. Hlm. 147. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 tentang. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Sekretariat Negara. Jakarta. Umar, H. 2002. Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia. Hlm 146. citation: Budianti, Nuri dan Priyanto, Priyanto dan Tuti Wiyati, Tuti (2022) Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13574/1/FFS_FARMASI_S03-170336_NURI%20BUDIANTI.pdf