eprintid: 13485 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 2319 dir: disk0/00/01/34/85 datestamp: 2022-10-09 06:57:55 lastmod: 2022-10-09 06:57:55 status_changed: 2022-10-09 06:57:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Maghfiroh, Siti creators_name: Priyo Wahyudi, Priyo creators_name: Maifitrianti, maifitrianti creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pelayanan Kefarmasian Bagi Pasien Bpjs Dan Pasien Umum Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Jakarta (Rsij) Sukapura Periode September – Oktober 2016 ispublished: pub subjects: RS divisions: 48201 abstract: Salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang diberikan rumah sakit adalah pelayanan farmasi, berupa waktu tunggu, kesalahan pemberian obat, kepuasan pelayanan dan penulisan resep sesuai formularium. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kesesuaian Pelayanan kefarmasianbagi pasien BPJS dan pasien umum di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Jakarta (RSIJ) Sukapura sudah memenuhi Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit periode September – Oktober 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dalam bentuk prospektif, terhadap pasien rawat jalan yang menebus resep di Instalasi Farmasi dan pengambilan sampel secara random. Hasil penelitian Instalasi Farmasi RSIJ Sukapura didapatkan rata-rata waktu tunggu pelayanan resep jadi pasien BPJS dan Umum adalah 19,07 menit dan14,12 menit sedangkan resep racikan pasien BPJS dan Umum adalah 41,20 menit dan 40,46 menit, tidak adanya kejadian kesalahan 100%, kepuasaan pelayanan pasien BPJS dan pasien Umum adalah 100% dan persentase kesesuaian penulisan resep dengan formularium pasien BPJS dan Umum adalah 84,6% dan 78,8%. Kata kunci : SPM Farmasi, Pelayana farmasi, Rumah Sakit Islam Jakarta, BPJS date: 2022-03-04 date_type: completed full_text_status: restricted institution: Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka department: Fakultas Farmasi Dan Sains thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Departemen Kesehatan RI. 2004. Standa Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit: Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.1197/Menkes/SK/X/2004. Jakarta: Direktorat Jendral Pelayanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Departemen Kesehatan RI.2008 Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit: Keputusan Menteri Kesehatan nomor 129/Menkes/SK/II/2008. Jakarta: Direktorat Jendral Pelayanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Irma, J. 2011. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Instalasi Rumah Sakit Bhakti Yhuda tahun 2011. Tesis Program Pascasarjana Universitas Indonesia: Depok. Karniawati H, Hapsari IG, Arum M, Aurora AT, Wahyono NA. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Farmasi Kategori Lama Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan di RSUD Kota Salatiga. Jurnal, Fakultas Farmasi Unuversitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta. Krisnadewi AK, Subagio PB, Wiratmo. 2014. Evaluasi Standar Pelayanan Minimal Instalasi Farmasi RSUD Wauyo Jati Karaksaan Sebelum dan Sesudah Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Jurnal Fakultas Farmasi Universitas Jember: Jember. Minantyas A, 2011. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Askes dan Pasien umum di Bangsal Mawar III RSUS Dr.Moewardi Surakarta. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Rahman, DA. 2015. Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan Peserta BPJS di Instalasi Rawat Jalan RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Tahun 2015. skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanudin, Makasar. Riska SD.2016. Perbedaan Kualitas Pelayanan Rawat Inap Pasien Pengguna BPJS dan Non BPJS di RSUD Lamoeis Samarinda. Jurnal. Administrasi Negara. FakuItas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Mulawarman. Rusdiana N, Rahayu W, Sri W. 2015. Kualitas Pelayanan Frmasi Berdasarkan Waktu Penyelesaian Resep Di Rumah Sakit. Jurnal. Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah, Tanggerang. Sari PA. 2015. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Pasien Umum di RSUD Dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Jurnal Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta. Sekretariat Negara RI. 2004. Sistem Jaminan Sosial Nasional: Undang-Undang No.40 Tahun 2004. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia. Sekretariat Negara RI. 2011. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial: Undang- Undang No. 24 Tahun 2011. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia. Soehartono, Irawan. 1995. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya. Undang-undang No. 44. Tahun 2009. Rumah Sakit. Jakarta: Presiden Republik Indonesia. pp: 2-5. Wijaya H. 2012. Analisis Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit Bidang Farmasi di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tugu Ibu Tahun 2012. Tesis.Fakultas Kesehatan MasyarakaT Universitas Indonesia, Depok citation: Maghfiroh, Siti dan Priyo Wahyudi, Priyo dan Maifitrianti, maifitrianti (2022) Pelayanan Kefarmasian Bagi Pasien Bpjs Dan Pasien Umum Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Jakarta (Rsij) Sukapura Periode September – Oktober 2016. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13485/1/FFS_FARMASI_S03-170278_SITI%20MAGHIROH.pdf