eprintid: 13276 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 2319 dir: disk0/00/01/32/76 datestamp: 2022-10-09 06:49:18 lastmod: 2022-10-09 06:49:18 status_changed: 2022-10-09 06:49:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sukmadayanti, Lutfiah creators_name: Zainul Islam, Zainul creators_name: Faridlatul Hasanah, Faridlatul creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Resep Di Apotek Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Berkah Pandeglang ispublished: pub subjects: RS divisions: 48201 abstract: Penilaian pasien terhadap pelayanan resep dapat memberikan gambaran kualitas pelayanan yang selanjutnya dapat dijadikan dasar dan masukan untuk meningkatkan pelayanan sejalan dengan perubahan paradigma pelayanan kefarmasian, untuk itu penelitian ini dilakukan guna mengetahui gambaran penilaian pasien terhadap pelayanan resep di RSUD Berkah Pandeglang. Penelitian dilakukan secara deskriptif dengan responden yang diperoleh sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan adalah 100 responden dengan pembagian 50 responden pada pukul 09.00-13.00 dan 50 responden pada pukul 14.00-17.00 sehingga hasil penelitian menunjukan dari 5 dimensi pelayanan yaitu keandalan dengan skor 2,88 dan persentase 69,75% masuk katagori cukup, daya tanggap dengan skor 3,14 dan persentase 69% masuk katagori cukup, jaminan dengan skor 3,14 dan persentase 70,5% masuk katagori cukup, empati dengan skor 3,03 dan persentase 84% masuk katagori cukup dan terwujud dengan skor 3,0 dan persentase 79,5% masuk katagori cukup, sehingga skor dari 5 dimensi tersebut adalah 3.03 dengan persentase 74,55 menunjukan nilai cukup terhadap pelayanan yang diberikan. Kata Kunci: Tingkat kepuasan pasien, pelayanan resep, apotek rawat jalan RSUD Berkah Pandeglang. date: 2022-02-23 date_type: completed full_text_status: restricted institution: Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka department: Fakultas Farmasi Dan Sains thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ajeng N. 2009. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Informasi Obat Apotek Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta. Skripsi. Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jakarta. Amalia AR. 2008. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Resep (Studi di Apotek Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Haji Surabaya). Dalam: jurnal ADLN Perpustakaan Airlangga. Jakarta. Anief. 2011. Faktor Yang Menentukan Tingkat Kepuasan Pasien. http://etd.eprints.ums.ac.id. Diakses 21 November 2016. Bustami. 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Aksebtabilitasnya. Airlangga. PT Gelora Aksara Pratama. Jakarta. Departemen Kesehatan RI. 2009. Peraturan Menteri Kesehatan Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta. Departemen Kesehatan RI. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Tentang Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka. Jakarta. Hidayati O. 2010. Gambaran Persepsi Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina Depok Tahun 2010. Skripsi. Program Sarjana Kesehatan Masyarakat. FKM UI Depok. HMF ISTN. 2008. Instalasi Farmasi Rumah Sakit. (online) dari http://farmasiistn/ 2008/01/instalasi-farmasi-rumah-sakit.html. Diakses 28 Oktober 2016. Ima. 2012. Penilaian Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Resep di Instalasi Farmasi RSUP Persahabatan periode 2012. Skipsi. Fakultas Farmasi dan Sains Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA. Jakarta. Lameshowb. 2008. Menghitung Besar Sampel Penelitian Kesehatan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta. Menteri Kesehatan RI. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 35 tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Departemen Kesehatan RI. Jakarta Menteri Kesehatan RI. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 44 tahun 2014 Tentang Rumah Sakit. Departemen Kesehatan RI. Jakarta. Menteri Kesehatan RI. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 58 tahun 2016. Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian. Jakarta. Pohan IS. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. EGC. Jakarta. Pratiwi. 2013. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Menggunakan Metode Serqual (Studi di RS Swasta X Jakarta). Dalam: Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Jakarta. Presiden RI. 2009. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian. Pemerintah RI. Jakarta. Profil.RSUDBerkahPandeglang.http://rsudberkahpandeglang.info/index.php/profi l/sejarah-singkat. Diakses 02 Desember 2016. Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Cetakan Ketiga. Rineka Cipta: Jakarta. Tjahyaningati A. 2013 Penilaian Terhadap Mutu Pelayanan Kefarmasian Di 4 (Empat) Puskesmas Kelurahan Wilayah Kramat Jati Jakarta Timur. Skripsi. Program Sarjana Farmasi. FFS UHAMKA Jakarta. Yuniarti. 2008. Analisis Pelaku Pembelian Obat di Apotek dan Aplikasinya Terhadap Bauran Pemasaran Apotek Citra Graha Medika. http//www.elibrary.mb.ipc.ac.id. Diakses 01 Desember 2016. citation: Sukmadayanti, Lutfiah dan Zainul Islam, Zainul dan Faridlatul Hasanah, Faridlatul (2022) Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Resep Di Apotek Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Berkah Pandeglang. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13276/1/FFS_FARMASI_S03-170411_LUTFIAH%20SUKMADAYANTI.pdf