eprintid: 13112 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1831 dir: disk0/00/01/31/12 datestamp: 2022-02-18 03:07:56 lastmod: 2022-02-18 03:07:56 status_changed: 2022-02-18 03:07:56 type: conference_item metadata_visibility: show creators_name: Romadlan, Said creators_name: Maududi, Mukhlish Muhammad creators_id: saidromadlan@uhamka.ac.id creators_id: maoedoedi@uhamka.ac.id corp_creators: Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA corp_creators: Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA title: Pelatihan Literasi Permainan Daring (Online Game) bagi Pelajar SMP Islam Raudlatul Hikmah, Pamulang, Kota Tangerang Selatan. ispublished: unpub subjects: H subjects: H1 divisions: 70201 abstract: Salah satu bentuk teknologi komunikasi yang menimbulkan ketergantungan namun dan banyak digemari oleh berbagai kalangan saat ini adalah permainan daring (online game). Permainan daring merupakan jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer. Secara umum dampak utama permainan daring adalah kecanduan (adiksi). Permainan-permainan daring tersebut menimbulkan efek kecanduan (adiktif) di mana para pemainnya menghabiskan banyak jam dalam sehari untuk bermain permainan daring ini. Di kalangan pelajar SMP Islam Raudlatul Hikmah, terdapat indikasi awal adanya sebagian pelajar yang kecanduan permainan daring ini, yang berdampak pada penurunan prestasi belajar dan perilaku kurang peduli terhadap sesama pelajar, guru, dan lingkungan. Solusi permasalahan yang ditawarkan adalah pertama, memberikan pelatihan literasi penggunaan permainan daring (online game), yang meliputi: perkembangan, karakteristik, dan bentuk-bentuk permainan daring. Kedua, memberikan pelatihan literasi mengenai regulasi, etika, dan dampak-dampak penggunaan permainan daring dan kiat mengatasinya. Target luaran dari kegiatan PKM ini adalah pertama, para pelajar mampu memahami perkembangan, karakteristik, dan bentuk-bentuk permainan daring yang banyak digunakan saat ini. Termasuk mampu memahami regulasi, etika, dan dampak-dampak penggunaan permainan daring. Selain itu para pelajar diharapkan mampu mengatasi dampak permainan daring dan dapat menggunakan permainan daring secara bijak dan bertanggung jawab. Kedua, secara praktis adalah menghasilkan artikel yang dipublikasikan di jurnal nasional, dimuat di media massa nasional, dan dokumentasi video kegiatan yang diunggah di Youtube. Metode pelaksanaan PKM ini adalah pertama, sharing pengalaman para pelajar dalam menggunakan permainan daring. Kedua presentasi dan diskusi mengenai perkembangan, karakteristik, dan bentuk-bentuk permainan daring, dan dampak-dampak penggunaan permainan daring. Ketiga, diskusi kelompok terpandu (FGD) mengenai permasalahan permainan daring dan kiat mengatasinya berdasarkan pengalaman masing-masing pelajar. Keempat, refleksi dan testimoni pelajar mengenai materi dan pelaksanaan kegiatan. Kegiatan PKM Pelatihan Literasi Permainan Daring (Online Game) bagi Pelajar SMP Raudlatul Hikmah, Pamulang telah dilaksanakan pada tanggal 14-15 Januari 2022. Kegiatan yang dilaksanakan di Kompleks Sekolah Raudlatul Hikmah, Pamulang ini diikuti oleh 21 pelajar dari SMP Islam Raudlatul Hikmah. Berdasarkan angket didapatkan hasil pelatihan yang menunjukkan terpenuhinya target kegiatan PKM ini. Pertama, mengenai perkembangan, karakteristik, dan jenis-jenis permainan daring, sebanyak 82% pelajar SMP Islam Raudlatul Hikmah memahami perkembangan, karakteristik, dan jenis-jenis permainan daring. Kedua, mengenai dampak-dampak permainan daring, pelajar memahami dampak�dampak yang dapat ditimbulkan dari permainan daring tersebut, yaitu rata-rata 96%. Ketiga, mengenai kiat-kiat mengatasi dampak-dampak permainan daring, rata-rata sebanyak 85% pelajar memahami kiat-kiat mengatasi dampak-dampak permainan daring tersebut. Berdasarkan FGD, dapat diidentifikasikan permasalahan-permasalahan sebagai akibat permainan daring, sekaligus upaya-upaya mengatasinya berdasarkan pengalaman pelajar sendiri. Permasalahan-permasalahan yang muncul di antaranya adalah: (a) malas belajar, (b) konflik dengan orangtua, (c) baper, mudah emosi atau marah, (d) boros, (e) penggunaan waktu kacau, (f) konflik dengan teman dan guru, dan (g) pornografi dan bullying. Sedangkan kiat-kiat mengatasi dampak permainan daring, di antara adalah dengan: (a) membatasi diri, (b) kendali dari orangtua, (c) bimbingan guru dan ustadz, (d) perbanyak aktifitas-aktifitas offline, dan (e) menghindari teman yang kecanduan permainan daring. full_text_status: public pres_type: speech event_title: Pelatihan Literasi Permainan Daring (Online Game) bagi Pelajar SMP Islam Raudlatul Hikmah, Pamulang, Kota Tangerang Selatan. event_location: Pamulang, Kota Tangerang Selatan event_dates: 14-15 Januari 2022 event_type: workshop refereed: FALSE citation: Romadlan, Said dan Maududi, Mukhlish Muhammad Pelatihan Literasi Permainan Daring (Online Game) bagi Pelajar SMP Islam Raudlatul Hikmah, Pamulang, Kota Tangerang Selatan. In: Pelatihan Literasi Permainan Daring (Online Game) bagi Pelajar SMP Islam Raudlatul Hikmah, Pamulang, Kota Tangerang Selatan., 14-15 Januari 2022, Pamulang, Kota Tangerang Selatan. (Unpublished) document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13112/1/Laporan%20akhir%20pkm%20literasi%20permainan%20daring%20rudhal%20lengkap-said%20romadlan.pdf