<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pelatihan Literasi Permainan Daring (Online Game) bagi Pelajar SMP Islam Raudlatul Hikmah, Pamulang, Kota Tangerang Selatan."^^ . "Salah satu bentuk teknologi komunikasi yang menimbulkan ketergantungan namun \r\ndan banyak digemari oleh berbagai kalangan saat ini adalah permainan daring (online game).\r\nPermainan daring merupakan jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan \r\nkomputer. Secara umum dampak utama permainan daring adalah kecanduan (adiksi). \r\nPermainan-permainan daring tersebut menimbulkan efek kecanduan (adiktif) di mana para \r\npemainnya menghabiskan banyak jam dalam sehari untuk bermain permainan daring ini. Di \r\nkalangan pelajar SMP Islam Raudlatul Hikmah, terdapat indikasi awal adanya sebagian \r\npelajar yang kecanduan permainan daring ini, yang berdampak pada penurunan prestasi \r\nbelajar dan perilaku kurang peduli terhadap sesama pelajar, guru, dan lingkungan.\r\nSolusi permasalahan yang ditawarkan adalah pertama, memberikan pelatihan literasi \r\npenggunaan permainan daring (online game), yang meliputi: perkembangan, karakteristik, \r\ndan bentuk-bentuk permainan daring. Kedua, memberikan pelatihan literasi mengenai \r\nregulasi, etika, dan dampak-dampak penggunaan permainan daring dan kiat mengatasinya. \r\nTarget luaran dari kegiatan PKM ini adalah pertama, para pelajar mampu memahami \r\nperkembangan, karakteristik, dan bentuk-bentuk permainan daring yang banyak digunakan \r\nsaat ini. Termasuk mampu memahami regulasi, etika, dan dampak-dampak penggunaan \r\npermainan daring. Selain itu para pelajar diharapkan mampu mengatasi dampak permainan \r\ndaring dan dapat menggunakan permainan daring secara bijak dan bertanggung jawab. \r\nKedua, secara praktis adalah menghasilkan artikel yang dipublikasikan di jurnal nasional, \r\ndimuat di media massa nasional, dan dokumentasi video kegiatan yang diunggah di Youtube.\r\nMetode pelaksanaan PKM ini adalah pertama, sharing pengalaman para pelajar dalam \r\nmenggunakan permainan daring. Kedua presentasi dan diskusi mengenai perkembangan, \r\nkarakteristik, dan bentuk-bentuk permainan daring, dan dampak-dampak penggunaan \r\npermainan daring. Ketiga, diskusi kelompok terpandu (FGD) mengenai permasalahan \r\npermainan daring dan kiat mengatasinya berdasarkan pengalaman masing-masing pelajar. \r\nKeempat, refleksi dan testimoni pelajar mengenai materi dan pelaksanaan kegiatan. \r\nKegiatan PKM Pelatihan Literasi Permainan Daring (Online Game) bagi Pelajar SMP \r\nRaudlatul Hikmah, Pamulang telah dilaksanakan pada tanggal 14-15 Januari 2022. Kegiatan \r\nyang dilaksanakan di Kompleks Sekolah Raudlatul Hikmah, Pamulang ini diikuti oleh 21 \r\npelajar dari SMP Islam Raudlatul Hikmah. Berdasarkan angket didapatkan hasil pelatihan \r\nyang menunjukkan terpenuhinya target kegiatan PKM ini. Pertama, mengenai \r\nperkembangan, karakteristik, dan jenis-jenis permainan daring, sebanyak 82% pelajar SMP \r\nIslam Raudlatul Hikmah memahami perkembangan, karakteristik, dan jenis-jenis permainan \r\ndaring. Kedua, mengenai dampak-dampak permainan daring, pelajar memahami dampak�dampak yang dapat ditimbulkan dari permainan daring tersebut, yaitu rata-rata 96%. Ketiga, \r\nmengenai kiat-kiat mengatasi dampak-dampak permainan daring, rata-rata sebanyak 85% \r\npelajar memahami kiat-kiat mengatasi dampak-dampak permainan daring tersebut. \r\nBerdasarkan FGD, dapat diidentifikasikan permasalahan-permasalahan sebagai akibat \r\npermainan daring, sekaligus upaya-upaya mengatasinya berdasarkan pengalaman pelajar \r\nsendiri. Permasalahan-permasalahan yang muncul di antaranya adalah: (a) malas belajar, (b) \r\nkonflik dengan orangtua, (c) baper, mudah emosi atau marah, (d) boros, (e) penggunaan \r\nwaktu kacau, (f) konflik dengan teman dan guru, dan (g) pornografi dan bullying. Sedangkan \r\nkiat-kiat mengatasi dampak permainan daring, di antara adalah dengan: (a) membatasi diri, \r\n(b) kendali dari orangtua, (c) bimbingan guru dan ustadz, (d) perbanyak aktifitas-aktifitas \r\noffline, dan (e) menghindari teman yang kecanduan permainan daring."^^ . . . . . . . . . . . "Mukhlish Muhammad"^^ . "Maududi"^^ . "Mukhlish Muhammad Maududi"^^ . . "Said"^^ . "Romadlan"^^ . "Said Romadlan"^^ . . "Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA"^^ . . . "Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA"^^ . . . . . "Pelatihan Literasi Permainan Daring (Online Game) bagi Pelajar SMP Islam Raudlatul Hikmah, Pamulang, Kota Tangerang Selatan."^^ . . . . . "Pamulang, Kota Tangerang Selatan"^^ . . . . . . "Pelatihan Literasi Permainan Daring (Online Game) bagi Pelajar SMP Islam Raudlatul Hikmah, Pamulang, Kota Tangerang Selatan. (Text)"^^ . . . . "Laporan akhir pkm literasi permainan daring rudhal lengkap-said romadlan.pdf"^^ . . . "Pelatihan Literasi Permainan Daring (Online Game) bagi Pelajar SMP Islam Raudlatul Hikmah, Pamulang, Kota Tangerang Selatan. (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Pelatihan Literasi Permainan Daring (Online Game) bagi Pelajar SMP Islam Raudlatul Hikmah, Pamulang, Kota Tangerang Selatan. (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Pelatihan Literasi Permainan Daring (Online Game) bagi Pelajar SMP Islam Raudlatul Hikmah, Pamulang, Kota Tangerang Selatan. (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Pelatihan Literasi Permainan Daring (Online Game) bagi Pelajar SMP Islam Raudlatul Hikmah, Pamulang, Kota Tangerang Selatan. (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #13112 \n\nPelatihan Literasi Permainan Daring (Online Game) bagi Pelajar SMP Islam Raudlatul Hikmah, Pamulang, Kota Tangerang Selatan.\n\n" . "text/html" . . . "H Social Sciences"@en . . . "H Social Sciences (General)"@en . .