eprintid: 12966 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 2310 dir: disk0/00/01/29/66 datestamp: 2022-03-17 04:07:15 lastmod: 2022-07-18 03:51:34 status_changed: 2022-07-18 03:51:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Herdiyani, Erni creators_name: Viviandhari, Daniek creators_name: Fitriyansyah, Andrie creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Evaluasi Pelayanan Farmasi Klinik Kategori Pengkajian Dan Pelayanan Resep, Pelayanan Informasi Obat Dan Konseling Di Puskesmas Kecamatan Jatinegara ispublished: pub subjects: R subjects: RS divisions: 48201 abstract: Pelayanan Kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pelayanan farmasi klinik kategori Pengkajian dan Pelayanan Resep serta Pelayanan Informasi Obat (PIO) di Puskesmas Kecamatan Jatinegara dengan standar pelayanan kefarmasian di Puskesmas berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 74 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Penelitian ini bersifat deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode check list. Lembar check list berisi komponen kegiatan pengkajian dan pelayanan resep serta pelayanan informasi obat. Data hasil check list diberi nilai, dan hasil penelitian menunjukan persentase penerapan pelayanan farmasi klinik terhadap standar pelayanan kefarmasian kategori pengkajian dan pelayanan resep sebesar 65%, pelayanan informasi obat berdasarkan jenis PIO yang disampaikan sebesar 30% dan 100% kategori Pelayanan Informasi Obat (PIO) berdasarkan pelaksana PIO. Secara menyeluruh penerapan pelayanan farmasi klinik untuk kategori pengkajian dan pelayanan resep, pelayanan informasi obat dan konseling di Puskesmas Kecamatan Jatinegara terhadap standar pelayanan kefarmasian masih rendah. date: 2018 date_type: completed full_text_status: restricted institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Farmasi Dan Sains thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anditasari W. 2016. Penilaian terhadap Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek-Apotek di Kota Ketapang. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura, Pontianak. Hlm. 6,9,10 Azwar A, Prihartono J. 2007. Metodologi Penelitian Kedokteran & Kesehatan Masyarakat, Binarupa Aksara Publisher. Jakarta. Hlm. 83-87 Bilqis SU. 2015. Kajian Administrasi, Farmasetika dan Klinis Resep Pasien Rawat Jalan di Rumkital DR. Mintohardjo pada Bulan Januari 2015. Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Hlm. 37-39,47-51 Departemen Kesehatan RI. 2007. Modul Pelatihan Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas, Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Departemen Kesehatan RI. 2008. Modul TOT Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas, Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Hlm. 3 Departemen Kesehatan RI. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia No 36 Tentang Kesehatan. Jakarta, Hlm.21 Dinas Kesehatan Propinsi DKI Jakarta 2016, Profil Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Hlm. 4, 30, 31 Istikomah FN, Satibi. 2012. Evaluasi Implementasi Standar Pelayanan Kefarmasian oleh Apoteker. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Volume 2. Nomor 3. Direktorat Bina Yanfar, IAI, Jakarta. Hlm. 127 Jaelani AK, Sampurno, Andayani TM. 2016. Pengembangan Model Sistem Informasi Manajemen Skrining Resep Rawat Jalan di Puskesmas Kota Yogyakarta. Jurnal Endurance. Volume 1. Nomor 1. Akademi Kebidanan Indragiri, Fakultas Farmasi UGM, Yogyakarta. Hlm. 31 Mayefis D, Halim A, Rahim R. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Informasi Obat terhadap Kepuasan Pasien Apotek X Kota Padang. Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia. Volume 13. Nomor 2. Fakultas Farmasi Univ Andalas, Padang. Hlm. 203-204 Peraturan Pemerintah RI. 2009. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 51 tentang Pekerjaan Kefarmasian. Hlm. 11 Kementrian Kesehatan RI. 2010. Materi Pelatihan Manajemen Kefarmasian di Puskesmas. Direktorat Jendral Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan. Jakarta Kementerian Kesehatan RI. 2014. Pusat Kesehatan Masyarakat. Permenkes RI Nomor 7/2014. Jakarta. Hlm. 1, 3 Kementerian Kesehatan RI. 2016. Pedoman Umum Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Jakarta. Hlm. 1, 2 Kementerian Kesehatan RI. 2016. Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas, Permenkes RI Nomor 74/2016. Jakarta. Hlm. 11-33,49 Nazir M. 2014. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Bogor. Hlm. 43, 79, 154, 179, 256, 257 Novitasari AL. 2016. Evaluasi Pelayanan Informasi Obat pada Pasien di Instalasi Farmasi RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Hlm. 38-41 Rangga RY. 2014. Hubungan Persepsi Apoteker Terhadap Pelaksanaan Konseling kepada Pasien dengan Evaluasi Pelaksanaan Konseling di Apotek-Apotek Kabupaten Magetan. Skripsi. Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta. Hlm. 8,11 Peraturan Pemerintah RI. 2016. Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Peraturan Pemerintah RI Nomor 47/2016. Jakarta. Hlm. 1, 5 Wirasuta IMAG, Wistari NMA, Kosasih DAN, Cahyadi MF, Sari, NPL, Sudarni NMR, Sarasmita MA, Larasanty LPF. 2016. Penilaian Pelayanan Kefarmasian Program Rujuk Balik Jaminan Kesehatan Nasional di Kotamadya Denpasar Berdasarkan Sudut Pandang Pasien. Jurnal Farmasi Indonesia. Volume 8. Nomor 1. IAI, Jakarta. Hlm. 334,336,340 citation: Herdiyani, Erni dan Viviandhari, Daniek dan Fitriyansyah, Andrie (2018) Evaluasi Pelayanan Farmasi Klinik Kategori Pengkajian Dan Pelayanan Resep, Pelayanan Informasi Obat Dan Konseling Di Puskesmas Kecamatan Jatinegara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12966/1/FFS_FARMASI_S03-190346_ERNI%20HERDIYANI.pdf