eprintid: 12708 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1650 dir: disk0/00/01/27/08 datestamp: 2022-02-09 04:34:57 lastmod: 2022-02-09 04:34:57 status_changed: 2022-02-09 04:34:57 type: article metadata_visibility: show creators_name: Gandasari, Prisma creators_name: Pramudiani, Puri creators_id: puri.pramudiani@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9620-5283 title: Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar ispublished: pub subjects: ZA4450 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh aplikasi wordwall terhadap motivasi belajar IPA siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk desain Post-test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Bojong Rawalumbu VI dengan total 83 siswa. Total Sampel untuk penelitian ini yaitu 54 siswa. Kelas kontrol untuk kelas VA yang berjumlah 27 siswa dan kelas eksperimen untuk kelas VC yang berjumlah 27 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang terdiri dari 23 pernyataan yang sudah dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan uji Fisher, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t untuk kedua kelas memperoleh nilai thitung> ttabel= 7, 79> 2, 0084, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak date: 2021 id_number: 10.31004/edukatif.v3i6.1079 full_text_status: public publication: EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan volume: 3 number: 6 pagerange: 3689-3696 refereed: TRUE issn: 2656-8071 citation: Gandasari, Prisma dan Pramudiani, Puri (2021) Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (6). pp. 3689-3696. ISSN 2656-8071 document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12708/1/08_A_2021_Article_Wordwall_Edukatif_Prisma_Puri.pdf