?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Frepository.uhamka.ac.id%2Fid%2Feprint%2F12445%2F&rft.title=Laporan+Penelitian+%22Studi+Refleksi+Penggunaan+Learning+Management+System+(Moodle)+Dalam+Situasi+Pengajaran+Dan+Pembelajaran+Grammar+Bahasa+Inggris+(Sudut+Pandang+Pembelajar+dan+Penilaian+Pakar)%22&rft.creator=Komara%2C+Cahya&rft.subject=L+Education&rft.subject=PE+English&rft.subject=T+Technology+(General)&rft.description=Penelitian+ini+berbentuk+studi+refleksi+terhadap+Learning+Management+System+(Moodle)+yang+telah+digunakan+dalam+konteks+pengajaran+dan+pembelajaran+grammar+bahasa+Inggris+mahasiswa+semester+sebelumnya+(riset+sebelumnya).+Tujuannya+adalah+untuk+dapat+mengungkap+lebih+dalam+dan+menyeluruh+sisi+evaluasi+teknis+seperti+1)+fitur+dan+tampilan%2C+2)+kualitas+sistem%2C+3)+kebergunaan+bagi+mahasiswa+(likeness%2C+motivation%2C+activeness)%2C+4)+kepuasan%2C+dan+5)+potensi+penguatan+kompetensi+bahasa+inggris+(grammar)+serta+sisi+evaluasi+konten+seperti+1)+kekuatan+materi+dan+2)+variasi+tugas%2Ftes+yang+dibuat+atau+dikembangkan+di+Learning+Management+System+(Moodle)+bahasa+Inggris+dari+sudut+pandang+pembelajar.+Selain+itu%2C+penelitian+ini+juga+berupaya+mengungkap+sejauh+mana+kualitas+Learning+Management+System+(Moodle)+yang+dibuat+atau+dikembangkan+melalui+penilaian+independen+atau+dari+sudut+pandang+pakar+yang+kompeten+dibidangnya.+Maka%2C+secara+metodologis%2C+penelitian+ini+menggabungkan+unsur+atau+pendekatan+kuantitatif+melalui+pemberian+instrumen+kuesioner+tertutup+kepada+70+pembelajar+tentang+Learning+Management+System+(Moodle)+yang+mereka+gunakan.+Kemudian%2C+Learning+Management+System+(Moodle)+yang+telah+dibuat+untuk+pengajaran+dan+pembelajaran+grammar+bahasa+Inggris+ini+akan+dinilai+secara+objektif+sisi+teknis+dan+konten+oleh+1+pakar+atau+ahli+melalui+bentuk+penilaian+LMS+berdasarkan+rubrik+yang+telah+disiapkan.+Data+penelitian+ini+turut+dipotret+melalui+teknik+dokumentasi+penggunaan+LMS+yang+dapat+mendukung+analisa+dan+kevalidan+hasil+penelitian.+Diharapkan%2C+penelitian+ini+dapat+mengungkap+secara+rinci+dan+detail+terkait+Learning+Management+System+(Moodle)+yang+dibuat+sehingga+kedepan+dapat+dilakukan+pengayaan%2C+pengembangan%2C+atau+bahkan+pembuatan+inovasi+LMS+sisi+teknis+maupun+konten+materi+LMS+yang+bermanfaat+bagi+keilmuan+grammar+bahasa+Inggris+pengajar+dan+pembelajar+di+Indonesia.&rft.publisher=UHAMKA&rft.date=2020-11-08&rft.type=Other&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=other&rft.language=en&rft.rights=cc_by_4&rft.identifier=http%3A%2F%2Frepository.uhamka.ac.id%2Fid%2Feprint%2F12445%2F1%2FLaporan%2520Penelitian%2520100%2525%2520Studi%2520Refleksi%2520LMS%2520Moodle%2520Batch%25201%25202020-2021%2520%2528Cahya%2520K%252C%2520Fidaniar%2520T%252C%2520%2526%2520Tri%2520S%2529.pdf&rft.identifier=++Komara%2C+Cahya++(2020)+Laporan+Penelitian+%22Studi+Refleksi+Penggunaan+Learning+Management+System+(Moodle)+Dalam+Situasi+Pengajaran+Dan+Pembelajaran+Grammar+Bahasa+Inggris+(Sudut+Pandang+Pembelajar+dan+Penilaian+Pakar)%22.++UHAMKA%2C+FKIP+UHAMKA.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fsimakip.uhamka.ac.id%2F