?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Frepository.uhamka.ac.id%2Fid%2Feprint%2F12444%2F&rft.title=Laporan+Penelitian+%22Penggunaan+Learning+Management+System+(Moodle)+dalam+Pengajaran+Grammar+Bahasa+Inggris+Mahasiswa%22&rft.creator=Komara%2C+Cahya&rft.subject=L+Education&rft.subject=PE+English&rft.subject=T+Technology+(General)&rft.description=Penelitian+ini+mencoba+mengungkap+dampak+penggunaan+salah+satu+jenis+Learning+Management+System+yaitu+Moodle+yang+dipandang+mampu+membantu+pemelajar+atau+mahasiswa+dalam+menguasai+konsep+pembelajaran+grammar+bahasa+Inggris+khususnya+dimasa+pandemi+ini.+Seperti+kita+ketahui%2C+pengajaran+dan+pembelajaran+grammar+bahasa+Inggris+yang+biasanya+dilakukan+dengan+sistem+klasik+atau+face-to-face+learning%2C+sekarang+berubah+menjadi+sistem+daring+atau+online+dengan+perangkat+yang+digunakan+salah+satunya+adalah+Learning+Management+System+berbasis+Moodle.+Oleh+karena+itu%2C+penelitian+ini+fokus+mempertanyakan%3B+Apakah+platform+Learning+Management+System+(Moodle)+yang+digunakan+oleh+pengajar+efektif+dan+signifikan+dalam+meningkatkan+kemampuan+grammar+bahasa+Inggris+pemelajar+atau+mahasiswa%3F+Untuk+dapat+menjawab+pertanyaan+penelitian+tersebut%2C+penelitian+ini+berorientasi+pada+jenis+kuantitatif+melalui+penerapan+desain+pre+eksperimen+berskala+kecil.+Alasannya%2C+untuk+memudahkan+pengajar+dan+pemelajar+melakukan+proses+pembelajaran+seperti+di+kelas+sesungguhnya+secara+komprehensif+tanpa+khawatir+akan+batasan+ruang+dan+waktu+dan+penelitian+ekseprimen+dapat+dilakukan+dengan+terkendali.+Maka%2C+peneliti+memilih+secara+purposive+1+kelas+A+sebagai+kelas+eksperimen+yang+berisikan+32+mahasiswa.+Dari+hasil+uji-t+diperoleh+angka+sebesar+7.20+untuk+t-hitung+atau+t-observasi+sementara+untuk+t-tabel+sebsear+1.70+(7.20+%3E+1.70).+Maka+dapat+disimpulkan+bahwa+penggunaan+Learning+Management+System+(Moodle)+efektif+dalam+meningkatkan+kemampuan+grammar+bahasa+Inggris+mahasiswa.+Peneliti+menyakini+bahwa+penggunaan+LMS+Moodle+secara+daring+dimasa+pandemi+ini+tidak+kalah+baiknya+dengan+model+pembelajaran+langsung+atau+face-to-face+learning+yang+biasa+dilakukan+mahasiswa.&rft.publisher=UHAMKA&rft.date=2020-11-28&rft.type=Other&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.rights=cc_by_4&rft.identifier=http%3A%2F%2Frepository.uhamka.ac.id%2Fid%2Feprint%2F12444%2F1%2FLaporan%2520Penelitian%2520Moodle%2520100%2525%2520%2528Cahya%2520K%2529.pdf&rft.identifier=++Komara%2C+Cahya++(2020)+Laporan+Penelitian+%22Penggunaan+Learning+Management+System+(Moodle)+dalam+Pengajaran+Grammar+Bahasa+Inggris+Mahasiswa%22.++UHAMKA%2C+FKIP+UHAMKA.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fsimakip.uhamka.ac.id%2F