eprintid: 12443 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 2953 dir: disk0/00/01/24/43 datestamp: 2022-01-11 15:51:33 lastmod: 2022-01-11 15:51:33 status_changed: 2022-01-11 15:51:33 type: other metadata_visibility: show creators_name: Komara, Cahya creators_name: Tiarsiwi, Fidaniar creators_id: cahya.komara@uhamka.ac.id creators_id: shewe87@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0001-7994-8440 creators_orcid: 0000-0003-2496-9716 title: Laporan Penelitian "Analisis Persepsi Pemelajar Bahasa Inggris di Indonesia tentang Pembelajaran Grammar Bahasa Inggris" ispublished: pub subjects: L1 subjects: PE divisions: 88203 abstract: Penelitian ini mengangkat isu utama yang dihadapi pemelajar bahasa Inggris di Indonesia (EFL Learners) yaitu terkait pembelajaran grammar (tata bahasa) bahasa Inggris yang selalu menjadi momok atau permasalahan bagi kesuksesan penguasaan bahasa Inggris pemelajar. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk dapat mengungkap persepsi (perception) dari pemelajar bahasa Inggris di Indonesia tentang grammar, seperti mengapa grammar sulit untuk dikuasai pemelajar, apa saja yang menjadi kendala pemelajar dalam mengusai grammar, dan bentuk pembelajaran grammar seperti apa yang ideal bagi pemelajar. Untuk tercapainya tujuan penelitian yang sudah direncanakan, maka metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan instrumen kuesioner tertutup dan kuesioner terbuka. Adapun jumlah partisipan yang terlibat dalam penelitian ini berkisar antara 500 pemelajar bahasa Inggris di Indonesia dari level Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Perguruan Tinggi. Hasil kuesioner mengungkap temuan nyata bahwa siswa memandang grammar sulit untuk dikuasai dengan kendala yang dihadapi antara lain materi grammar yang sangat banyak dan menyulitkan (khususnya Tenses), kurang jelasnya pengajaran (explanation) oleh guru, metode atau media yang tidak variatif dipakai guru saat mengajar dikelas, dan buku-buku bahasa Inggris yang tidak cukup jelas (explicit) dalam hal isi materi maupun instruksi tentang grammar. Pemelajar memberikan respon bervariasi terkait bentuk ideal pembelajaran grammar bahasa Inggris, seperti pemelajar menyukai metode atau media yang tidak konvensional, mereka menyukai belajar grup dan diskusi, namun respon pemelajar Indonesia dominan tertarik belajar grammar bahasa Inggris dengan media berbasis teknologi komputer/online/aplikasi ataupun melalui mobile phone. date: 2020-04-15 publisher: UHAMKA official_url: http://simakip.uhamka.ac.id/ full_text_status: public place_of_pub: FKIP UHAMKA related_url_url: http://simakip.uhamka.ac.id/penelitians/detail/1242 related_url_type: org referencetext: Al-mekhlafi, A. M., & Nagaratnam, R. P. (2011). Difficulties in teaching and learning grammar in. International Journal of Instruction, 4(2), 14–17. Alhaysony, M., & Alhaisoni, E. (2017). Efl teachers’ and learners’ perceptions of grammatical difficulties. Advances in Language and Literary Studies, 8(1), 188–199. Bennet, T. L. (1973). Perception: An adaptive process. New York: MSS Information Corp. Borjars, K., & Burridge, K. (2010). introducing english grammar: second edition. London: Hodder Education. Brooks, K. W. (2015). Introduction to tesol: a beginner approach to teaching second language learners. Lulu. com. 5(4), 110-115 Brown, H. D. (2007). Principles of language learning and teaching. White Plains, New York: Pearson Longman. Brown, J. D. (2016). Introducing needs analysis and english for specific purposes. New York: Routledge. Celce-Murcia, M., & Hilles, S. (1990). Techniques and resources in teaching grammar. Oxford: Oxford University Press. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research method in education. Oxon: Routledge. Cowan, R. (2008). The teacher’s grammar of english; A course book and reference guide. Cambridge: Cambridge University Press. Creswell, J. W. (2007). Qualitative inquiry and research design: choosing among five approaches. Thaousand Oak, California: Sage Publication, Inc. Ekaningsih, N. (2017). Enhancing students’ english grammar ability with online website link. Journal of English Education, Literature, and Culture. 2(2), 431–444. Gelderen, E. Van. (2006). A history of the english language (1st ed.). Amsterdam:John Benjamins Publishing Company. Goldstein, E. B. (2010). Encyclopedia of Perception volume 1 & 2 (Vol. 1). Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc. Greenbaum, Sydney and Gerald Nelson. (2002). An introduction to english grammar: second edition. London: Longman. Hendriani, S. (2018). Grammar teaching method preferred by Indonesian students. The Asian EFL Journal, 20(11), 83–96. Johnson, S. M. (2015). Adult learning in language classroom. Bristol: Library of Congress Cataloging in Publication Data. Komariah, E. (2017). English curriculum and instructional plans (1st ed.). Banda Aceh: Syiah Kuala University Press. Kroeger, P. R. (2005). Analyzing grammar; An introduction (1st ed.). Cambridge: Cambridge University Press. Lauder, A. (2008). The status and function of english in indonesia: A review of key factors. Makara, Sosial Humaniora, 12(1), 9–20. Le, C. Van, & Barnard, R. (2009). Teaching grammar: A survey of teachers’ attitudes in Vietnam. The Journal of Asia, 6(3), 245–273. Muhsin, M. A. (2016). Analysing the students errors in using simple present (A case study at Junior High School in Makassar). Pacific Science Review B: Humanities and Social Sciences, 2(3), 81–87. Nassaji, Hossein and Sandra Fotos. (2011). Teaching grammar in second language classrooms: integrating form-focused instruction in communicative context. New York: Routledge. Nunan, David. (2005). The Practice of english language teaching: grammar. New York: McGraw-Hill. Richards, J., & Rodgers, T. (2001). Approaches and methods in language teaching. New York: Cambridge University Press. Sari, E., Yagiz, O., & Konca, M. Y. (2017). Turkish academics’ and students’ views of english grammar teaching: Explicit or implicit ? Journal of Education and Practice, 8, 121–132. Sary, F. P. (2015). Students’ perception of english learning difficulties and strategies. Indonesian EFL Journal, 1(1), 68–81. Sopin, G. (2015). Students’ perceptions of grammar teaching and learning in english language classrooms in libya. IOSR Journal of Research & Method in Education Ver. I, 5(2), 2320–7388. Spolsky, B., & Sung, K. (2015). Secondary school english education in asia.Thousand Oak: Routledge. Stardy, R. (2011). Students’ perceptions of the teaching of grammar. Journal of English Language and Culture. 1(2), 183–211. Thornbury, Scott. (2004). How to teach grammar. Essex: Pearson Education Limited. Toivanen, J. (2013). Perception and the internal senses. Danvers: Brill N.V. Valle, R. S., & Halling, S. (1989). Existential-phenomenological perspectives in psychology: exploring the breadth of human experience. New York: Plenum Press. Widodo, H. P. (2006). Approaches and procedures for teaching grammar. English Teaching: Practice and Critique, 5(1), 122–141. Xiao, Z. (2019). Study on Senior High Students’ Perceptions of English Grammar Learning and Pedagogic Implications ----Within the Domain of English Key Competences. Advances in Social Science, Education, and Humanities Research, 311, 297–302. citation: Komara, Cahya dan Tiarsiwi, Fidaniar (2020) Laporan Penelitian "Analisis Persepsi Pemelajar Bahasa Inggris di Indonesia tentang Pembelajaran Grammar Bahasa Inggris". UHAMKA, FKIP UHAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12443/1/Laporan%20Penelitian%20100%25%20Persepsi%20Grammar%20Batch%201%202019-2020%20%28Cahya%20K%20%26%20Fidaniar%20T%29.pdf