eprintid: 12432 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2953 dir: disk0/00/01/24/32 datestamp: 2022-01-11 15:48:27 lastmod: 2022-01-11 15:48:27 status_changed: 2022-01-11 15:48:27 type: other metadata_visibility: show creators_name: Komara, Cahya creators_name: Supraptiningsih, Nurhandayani creators_name: Setyaningsih, Tri creators_id: cahya.komara@uhamka.ac.id creators_id: nurhandayani@uhamka.ac.id creators_id: tri_setyaningsih@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0001-7994-8440 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengabdian Masyarakat "Pelatihan Pembuatan Media Ajar Digital (PREZI Virtual Presentation Software) Bagi Guru-Guru SMPN 1 Cileungsi Bogor" ispublished: pub subjects: L subjects: T1 divisions: 88203 abstract: Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kompetensi ICT guru-guru di SMPN 1 Cileungsi, Bogor dalam koridor pembuatan media ajar digital Prezi virtual presentation software bagi guru-guru disana. Seperti diketahui bersama, proses pengajaran dan pembelajaran saat ini dilakukan dengan sistem daring (online) jarak jauh dimana guru dituntut untuk mampu menyediakan bukan hanya konten materi ajar yang banyak namun juga mampu memanfaatkan media-media ajar digital yang kekinian atau mampu menciptakan media ajar digital yang menarik dan up to date bagi peserta didik atau murid dikelas. Prezi virtual presentation software ini adalah salah satu media atau software pengajaran yang unggul dalam banyak hal. Maka, pelatihan ini diadakan untuk sebagai bentuk pengabdian tim dosen FKIP UHAMKA bagi kemajuan SDM disana. Pelatihan ini berlangsung selama 2 kali pertemuan dengan durasi 2-3 jam melalui daring zoom. Total peserta kegiatan berjumlah 13 guru dari beberapa bidang studi seperti Bahasa Inggris, Matematika, Olahraga, Biologi, Seni, PKN, dan lain-lain. Pelatihan ini turut menyebar kuesioner awal dan akhir sebagai ukuran mengetahui dampak atau perubahan dari kegiatan yang akan dilakukan. Hasil pelatihan pembuatan media ajar digitial Prezi menunjukan bahwa secara keseluruhan guru merespon positif (setuju dan sangat setuju) bahwa Prezi unggul dalam tampilan, bentuk, desain, kemudahaan penggunaan, menarik, dll. Maka, dapat ditarik kesimpulan akhir, Pelatihan Pembuatan Media Ajar Digital (Prezi Virtual Presentation Software) Bagi Guru-Guru di SMPN 1 Cileungsi, Bogor ini sukses memberikan dampak dan perubahan positif bagi Mitra guru disana. date: 2021-08-05 publisher: UHAMKA official_url: http://simakip.uhamka.ac.id/ full_text_status: public place_of_pub: FKIP UHAMKA related_url_url: http://simakip.uhamka.ac.id/pengabdian/usulan/detail/1117 related_url_type: org referencetext: Aljaehani, W.M. (2015). Using Prezi presentation software to enhance vocabulary learning to EFL secondary school students. Educational Research International 4(4). Fox, H., etal. (2016). Prezi versus powerpoint in EFL classroom. Proceedings of 63rd The IIER International Conference, 37-41. Hartini et.al (2017). Developing Learning Media Using Online Prezi into Materials about Optical Equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2). Mustaffa, A.et al.(2013). Students' perceptions and attitude towards the effectiveness of Prezi uses in learning Islamic subject. Nasution, E. Y. P., & Siregar, N. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PreziJurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2). Ni Wayan . (2020). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama Masa Pandemi Covid-19. https://www.sma1-sukawati.sch.id/berita/5fc3326c6131645f460003bb/pembelajaran�jarak-jauh-pjj-selama-masa-pandemi-covid19. Dipublikasi pada November 29, 2020. Diakses pada 20, 2021. Nuryadin, E., & Tamam, M. Z. B. (2018). Pengaruh Media Prezi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia (Studi Eksperimen Di Kelas Viii Smp Negeri 20 Kota Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2018/2019). Jurnal Bio Education, 3(1). Perron, B., & Stearns, A. (2010). A review of a presentation technology: Prezi. Rais, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Presentasi Berbasis Prezi Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Mengingat Konsep. Jurnal Mekom, 2(1). Ren, X. (2020). Pandemic and lockdown : a territorial approach to COVID-19 in China, Italy and the United States. Eurasian Geography and Economics, 00(00), 1–12. Rosnilam. (2021). Dilema Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dalam Masa Pandemi. https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/dilema-pelaksanaan-pembelajaran-daring-dalam�masa-pandemi/. Dipublikasi pada Januari 9, 2021. Diakses pada 20, 2021. Santiana., & Fatimah, A. (2017). Prezi, Cloud-Based Presentation, For Teaching: How Is It Interesting? Edulite Journal, 2(2). Sekertariat Kabinet Negara Indonesia. Education minister to coordinate online education upon schools closures. https://setkab.go.id/en/education-minister-to-coordinate-online�education-upon-schools-closures/. Dipublikasi pada Maret 16, 2020. Diakses pada 20, 2021. World Health Organization. Coronavirus (covid-19) disease. https://www.who.int/emergencies/ diseases/novel-coronavirus-2019. Dipublikasi Agustus 10, 2020 (last update). Diakses pada 20, 2021 citation: Komara, Cahya dan Supraptiningsih, Nurhandayani dan Setyaningsih, Tri (2021) Pengabdian Masyarakat "Pelatihan Pembuatan Media Ajar Digital (PREZI Virtual Presentation Software) Bagi Guru-Guru SMPN 1 Cileungsi Bogor". UHAMKA, FKIP UHAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12432/1/Laporan%20100%25%20Pengmas%20Batch%202%202020-2021%20%28Cahya%20K%2C%20Nurhandayani%2C%20%26%20Tri%20S%29.pdf